Venezuela Memanas, Kanada Serukan Maduro Untuk Mundur Sekarang

Ottawa – Menteri Luar Negeri Kanada Chrystia Freeland menyerukan Presiden Venezuela Nicolas Maduro untuk mundur sekarang setelah pemimpin oposisi Juan Guaido mengatakan bahwa pasukan Venezuela telah bergabung dalam kampanyenya untuk menggulingkan Maduro.

“Rakyat Venezuela berada di jalan-jalan hari ini untuk menunjukkan keinginan mereka untuk kembali ke demokrasi, bahkan dalam menghadapi penindasan dengan kekerasan,” kata Freeland pada konferensi pers seperti dilansir kantor berita AFP, Kamis (2/5/2019).

“Kanada memuji keberanian mereka dan kami menyerukan rezim Maduro untuk mundur sekarang dan memungkinkan untuk mengakhiri krisis ini secara damai sesuai dengan Konstitusi Venezuela,” ujarnya.

“Sudah waktunya bagi Venezuela sejalan dengan hukumnya sendiri untuk kembali ke demokrasi,” imbuhnya.

Sebelumnya dalam upaya kudeta pada Selasa (30/4) waktu setempat, Guaido berupaya menunjukkan dukungan militer terhadap dirinya dan kelompok oposisi yang ingin melengserkan Maduro, yang dinilai membawa Venezuela jatuh ke dalam krisis ekonomi dan kemanusiaan.

Guaido kembali menyerukan agar militer Venezuela mendukung dirinya. Namun tampaknya kepemimpinan militer Venezuela tetap loyal pada Maduro yang berkuasa sejak kematian mendiang Hugo Chavez tahun 2013 lalu.

Tidak diketahui pasti langkah apa yang selanjutnya akan dilakukan Guaido. Diketahui bahwa oposisi Venezuela kerap menggelar aksi protes besar-besaran melawan Maduro, namun selalu gagal untuk menggulingkannya meskipun resesi ekonomi dan hiperinflasi menyelimuti negara tersebut.

Saksikan juga video ‘Guaido Sebut Maduro Bayar Tentara Rusia dengan Emas’:

[Gambas:Video 20detik]

(ita/ita)