Usul Trump Bisa Bikin Ambruk Notre Dame

Paris – Selama kurang lebih 15 jam api berkobar melalap bagian atap Katedral Notre-Dame di Paris, Prancis. Hingga pada akhirnya padam, kebakaran itu merobohkan bagian menara runcing ikonik setinggi lebih dari 90 meter dari bangunan yang diyakini sebagai salah satu contoh terbaik dari arsitektur Gothic Prancis.

Para pemimpin dunia tertegun melihat katedral yang mulai dibangun pada tahun 1160 dan tuntas seratus tahun kemudian itu. Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump sempat mengusulkan pengerahan pesawat pemadam kepada otoritas Prancis untuk memadamkan kebakaran yang apinya diketahui muncul pada Senin (15/4) kemarin sekitar pukul 19.00 waktu setempat.

“Sungguh mengerikan untuk melihat kebakaran besar di Katedral Notre-Dame di Paris. Mungkin menerbangkan tangki-tangki air bisa digunakan untuk memadamkannya. Harus bertindak cepat!” kicau Trump via Twitter.

Namun pemadaman dilakukan dengan cara biasa yang melibatkan lebih dari 400 petugas pemadam dan puluhan mobil pemadam secara nonstop. Selain bagian menara yang roboh, api juga menghanguskan struktur kayu sepanjang lebih dari 100 meter dan berusia ratusan tahun yang ada di bagian loteng katedral.

Lalu mengenai usulan Trump itu ditolak Prancis. Kenapa?