Trump dan Kim Jong-Un Awali KTT Vietnam dengan Pertemuan Empat Mata

Hanoi – Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-Un untuk kedua kalinya bertemu. Pertemuan puncak (KTT) yang digelar di Hanoi, Vietnam ini diawali dengan pertemuan empat mata antara Trump dan Kim Jong-Un.

Seperti dilansir Reuters dan Channel News Asia, Rabu (27/2/2019), pertemuan kedua ini digelar di Hotel Metropole — hotel era-kolonial berusia 118 tahun — di Hanoi pada Rabu (27/2) sore.

Dalam momen ini, Trump dan Kim saling berjabat tangan lalu berpose bersama di depan deretan bendera nasional AS-Korut. Keduanya kompak tersenyum di hadapan para wartawan internasional yang mengabadikan foto mereka dan sibuk meneriakkan pertanyaan.


Kepada wartawan, Trump menyatakan pembicaraannya dengan Kim akan sangat sukses. Dia juga menegaskan dirinya ‘tidak akan mundur dari denuklirisasi’.
Saat ditanya apakah akan ada deklarasi mengakhiri Perang Korea, seperti diindikasikan sebelumnya, Trump menjawab: “Kita lihat saja.”

“Kami mampu mengatasi seluruh hambatan dan di sinilah kami hari ini,” ucap Kim saat dirinya dan Trump duduk bersama untuk pertemuan singkat.

Trump kemudian menjanjikan Korut ‘masa depan hebat bagi negara Anda’ dalam pembicaraan pertamanya dengan Kim di Hanoi. “Saya pikir negara Anda memiliki potensi ekonomi yang luar biasa besar,” ujar Trump kepada Kim yang duduk di sebelahnya, seperti dilansir CNN.

“Saya pikir Anda akan memiliki masa depan hebat bagi negara Anda, Anda seorang pemimpin besar,” imbuhnya. “Kita akan membantu mewujudkan itu,” ujarnya lagi.

Dalam pertemuan kedua di Hanoi ini, Trump dan Kim mengawalinya dengan sesi one-on-one atau pertemuan empat mata selama 20 menit di Hotel Metropole. Selanjutnya, keduanya akan menghadiri makan malam bersama dengan para jajarannya.

Trump dilaporkan akan didampingi Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo dan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Staf Gedung Putih, Mick Mulvaney. Sedangkan Kim Jong-Un akan didampingi utusan pentingnya, Kim Yong-Chol dan Menteri Luar Negeri Korut Ri Yong-Ho.

Pertemuan penting antara pemimpin AS dan Korut ini akan dilanjutkan pada Kamis (28/2) besok. Agenda pertemuan tidak diungkapkan secara jelas kepada media. Gedung Putih hanya menyebutkan bahwa Trump dan Kim akan ‘bolak-balik’ menggelar sejumlah pertemuan sepanjang Kamis (28/2) besok. Namun, soal waktu maupun lokasi pertemuan belum diumumkan.

Trump dan Kim Jong-Un bertemu untuk kedua kalinya di VietnamTrump dan Kim Jong-Un bertemu untuk kedua kalinya di Vietnam Foto: REUTERS/Leah Millis

(nvc/bar)