Trump Ancam Tutup Perbatasan AS-Meksiko Pekan Depan

Washington – Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengancam akan menutup perbatasan AS dan Meksiko pada pekan depan. Namun acaman Trump itu masih bisa berubah apabila ada sesuatu.

Dilansir situs AFP, Sabtu (30/3/2019), Trump mengingatkan pemerintah Meksiko untuk warganya tidak bermigrasi ke negara Paman Sam tersebut. Maka Trump akan segera menutup perbatasan wilayah AS-Meksiko pada pekan depan.

“Jika Meksiko tidak segera menghentikan semua imigrasi ilegal yang masuk ke Amerika Serikat melalui Perbatasan Selatan kami, saya akan menutup Perbatasan, atau sebagian besar Perbatasan, minggu depan,” katanya Trump.

“Ini akan sangat mudah dilakukan Meksiko, tetapi mereka hanya mengambil uang kita,” tambahnya.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Meksiko Marcelo Ebrard mengatakan Meksiko merupakan negara tetangga yang hebat. Menurutnya, warga AS juga telah minta warga Meskiko untuk berada di sana.

“Kami adalah tetangga yang hebat. Tanyakan saja kepada 1,5 juta warga AS yang telah memilih untuk memanggil (warga) negara kami, komunitas terbesar di luar Amerika Serikat,” tulis Ebrard di Twitter.

Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador menegaskan bahwa ia tidak ingi membahas hal yang kontroversi dengan AS. Meksiko juga sedang bekerja memerangi imigran ilegal.

“Semua pembicaraan tentang karavan migran dan semacamnya terkait dengan politik dan kampanye pemilihan (AS) – itu sebabnya saya tidak akan membahasnya,” katanya dalam konferensi pers.
(fai/nvl)