Tabrakan Kapal Feri di Jepang Gara-gara ‘Tersandung’ Hewan Laut

Jakarta – Sebuah kapal feri jetfoil (berkecepatan tinggi) menabrak binatang laut saat melintas di Pulau Sado, Laut Jepang. Akibat kejadian tersebut, 80 orang dilaporkan luka-luka.

Dilansir dari Japan Today, Minggu (10/3/2019), kecelakaan tersebut terjadi pada Sabtu (9/3) siang sekitar pukul 12.15 waktu setempat. Penjaga pantai dan operator kapal menyatakan 13 dari 80 orang terluka di antaranya mengalami luka parah seperti retak hingga patah tulang.

Kapal feri jetfoil tersebut membawa 121 penumpang dan 4 kru kapal. Kapal tersebut berangkat dari pelabuhan di Niigata sekitar pukul 11.30 waktu setempat.


Mengacu pada keterangan Sado Steam Ship Co, kecelakaan tak menyebabkan kapal tak mencapai tujuan. Kapal tetap mencapai tujuan akhir di Pelabuhan Ryotsu sekitar pukul 13.30 waktu setempat.

Bagian sayap belakang kapal mengalami kerusakan karena kecelakaan menabrak pesawat tersebut. Hewan penyebab kecelakaan masih dalam investigasi, bisa paus atau makhluk laut besar lain.

Dewan Keselamatan Transportasi Jepang mengatakan akan mengirim tiga penyelidik untuk melakukan penyelidikan mulai hari Minggu kemarin.

Disebutkan bahwa kecelakaan kapal menabrak hewan laut bukanlah hal yang langka untuk wilayah perairan antara Jepang dan Korea Selatan. Khusus operator feri yang mengalami kecelakaan, mereka menyatakan telah memasang perangkat khusus untuk mengeluarkan suara yang dapat mengusir paus.
(rna/tsa)