Soal Denuklirisasi, Kim: Saya Tak Akan di Sini Jika Saya Tak Bersedia

HanoiPemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-Un menyampaikan keseriusannya untuk mencapai kesepakatan denuklirisasi dengan Amerika Serikat.

Hal tersebut disampaikannya kepada wartawan di Hanoi, Vietnam menjelang pertemuan resmi guna membahas denuklirisasi dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump.

“Jika saya tidak bersedia melakukan itu, saya tak akan ada di sini sekarang,” ujar Kim melalui seorang penterjemah seperti dilansir media CNN, Kamis (28/2/2019).


Hal tersebut disampaikan Kim setelah seorang jurnalis bertanya apakah Kim bersedia untuk sepenuhnya menghentikan program persenjataan nuklirnya.

Setelah mendengarkan jawaban Kim, Trump pun berujar, “Itu jawaban yang bagus, wow! Itu mungkin jawaban terbaik yang pernah kita dengar.”

Sebelumnya dalam pertemuan puncak pertama mereka di Singapura tahun lalu, Kim juga telah berulang kali mengatakan bahwa dirinya bersedia untuk menghentikan persenjataan nuklirnya. Namun para pakar menilai bahwa sejauh ini hanya ada sedikit bukti kemajuan menyangkut hal tersebut.

Seorang wartawan lainnya juga menanyakan kepada Kim mengenai prospek membuka sebuah kantor diplomatik AS di Pyongyang, Korut.

Saat ditanya demikian, Kim awalnya menolak pertanyaan itu. Namun Trump mendesak Kim untuk menjawab pertanyaan itu dan menyebutnya sebagai pertanyaan yang bagus.

“Saya ingin mendengar jawaban untuk itu,” tutur Trump. Melalui penterjemahnya, Kim pun menjawab bahwa hal itu adalah sesuatu yang bisa diterima.

Trump kemudian menyampaikan pernyataan senada. “Saya sesungguhnya berpikir itu ide yang bagus,” ujarnya.

Kim kemudian berkata bahwa akan lebih baik bagi Trump dan dirinya membahas hal tersebut bersama-sama secara private.
(ita/ita)