Serangan Bom di Pasar Yaman Tewaskan 7 Warga Sipil

Sanaa – Serangan bom terjadi di sebuah pasar di Yaman dan menewaskan tujuh warga sipil. Korban tewas termasuk seorang fotografer untuk stasiun televisi Uni Emirat Arab.

Sumber-sumber militer dan medis menyatakan seperti dilansir kantor berita AFP, Selasa (29/1/2019), setidaknya 20 orang juga luka-luka dalam serangan bom pada Senin (28/1) malam di sebuah pasar yang berada di kota Mokha yang dikuasai pemerintah Yaman. Kota tersebut merupakan basis pasukan pro-pemerintah yang didukung oleh koalisi militer pimpinan Arab Saudi yang memerangi para pemberontak Houthi.

Seorang pejabat pasukan pro-pemerintah mengatakan kepada AFP, bom rakitan tersebut diletakkan di sebuah motor yang diparkir di tengah-tengah pasar.


Sumber rumah sakit mengatakan, tujuh orang tewas dalam insiden itu. Menurut kantor berita Saba yang mengutip Menteri Informasi Moammer al-Eryani, seorang fotografer untuk TV Abu Dhabi, Ziad al-Sharabi termasuk di antara para korban tewas.

Seorang koresponden untuk media yang sama, Faisal Al-Zabhani, termasuk di antara para korban luka-luka.

Sejauh ini belum ada pihak atau kelompok yang mengklaim bertanggung jawab atas serangan bom tersebut. Namun Saba menyalahkan Houthi akan serangan bom itu.

Kota Mokha telah relatif tenang sejak pasukan pemerintah yang didukung koalisi Saudi merebut kota tersebut dari tangan para pemberontak Houthi pada Juli 2017 lalu.

Perang di Yaman meningkat pada Maret 2015, ketika Presiden Yaman Abedrabbo Mansour Hadi mengungsi ke Saudi setelah para pemberontak Houthi berhasil menguasai Sanaa, ibu kota Yaman. Koalisi Saudi pun kemudian melancarkan operasi militer untuk memerangi Houthi di Yaman.

Sejak itu, konflik Yaman telah menewaskan hampir 10 ribu orang. PBB menyatakan, konflik Yaman telah menyebabkan terjadinya krisis kemanusiaan paling parah di dunia.

Menurut pejabat-pejabat kemanusiaan PBB, 80 persen dari populasi Yaman — 24 juta jiwa — saat ini membutuhkan bantuan dan hampir 10 juta jiwa kini berada di ambang kelaparan.

(ita/ita)