Sekretaris Keamanan Dalam Negeri AS Nielsen Mundur dari Jabatan

Jakarta – Sekretaris Keamanan Dalam Negeri Amerika Serikat (AS) Kirstjen Nielsen mundur dari jabatannya. Hal ini disampaikan Presiden AS Donald Trump melalui akun Twitter miliknya, Minggu (7/4).

Dilansir dari Reuters, Senin (8/4/2019), mundurnya Nielsen dari Sekretaris Keamanan Dalam Negeri AS dilaporkan pertama kali oleh CBS News. Dalam berita itu tidak jelas alasan mundurnya Nielsen, apakah bersifat sukarela atau tidak.

Mundurnya Nielsen berbarengan di saat Pemerintah AS tengah mengejar perbaikan departemen yang bertanggung jawab untuk kebijakan imigrasi.

Melalui tweetnya, Trump mengungkapkan jika posisi Nielsen akan digantikan Kevin McAleenan, yang saat ini menjabat sebagai komisaris Bea Cukai dan Perlindungan Perbatasan AS.

Diketahui, Nielsen telah memegang posisi tersebut sejak Desember 2017. Karena ini mencakup imigrasi dan penegakan bea cukai, departemennya bertanggung jawab untuk melaksanakan beberapa kebijakan Trump yang paling kontroversial, seperti berusaha mengurangi jumlah orang Meksiko dan Amerika Tengah yang memasuki AS tanpa dokumentasi yang tepat.

Nielsen juga berulang kali menjadi tempat bertanya Demokrat di Kongres, dimana Nielsen telah mengawasi rencana Trump seperti upaya untuk membangun tembok di perbatasan dengan Meksiko dan pemisahan anak-anak migran dari keluarga mereka.

Trump menegaskan bahwa kedatangan imigran melintasi perbatasan selatan AS merupakan keadaan darurat nasional. Baru-baru ini dia mengancam akan menutup perbatasan, atau bagian dari perbatasan itu, jika Kongres tidak mengubah undang-undang AS untuk memperbaiki apa yang disebutnya imigrasi sebagai ‘celah’.
(nvl/ibh)