Rumah Kepala Desa di Irak Diduga Diserang Militan ISIS, 5 Orang Tewas

Mosul – Pihak kepolisian dan sumber dari rumah sakit menyatakan sejumlah pria bersenjata menembak mati lima anggota keluarga dalam serangan di rumah mereka dekat Kota Mosul, Irak. Kepolisian setempat menyebut kelompok radikal ISIS terlibat dalam serangan ini.

Dilansir Reuters, Jumat (10/5/2019), Kementerian Dalam Negeri Irak menyebut kelompok bersenjata itu menyerang sebuah rumah milik kepala desa di wilayah Hammam al-Alil, sebelah selatan Mosul. Mereka membunuh sang kepala desa, dua anak lelakinya, keponakannya, dan ibunya. Selain itu, dua orang lainnya disebutkan mengalami luka-luka.

ISIS tidak menyampaikan klaim terkait serangan ini secara langsung. Namun, militan ISIS diketahui aktif di wilayah tersebut.


Dalam kejadian terpisah, seorang bersenjata menyerang tempat penyimpanan gandum di Kota Shirqat, Irak bagian utara, pada Kamis (8/5). Dalam peristiwa itu, seorang penjaga di lokasi terbunuh dan sebuah kendaraan terbakar.

Irak telah mendeklarasikan kemenangan atas kelompok ISIS, yang pernah menguasai wilayah besar negara, pada Desember 2017. Namun, para militan telah mengadaptasi taktik mereka dengan serangan gaya pemberontak sejak mereka dikalahkan dan diusir dari area yang telah mereka kuasai bertahun-tahun.
(azr/tsa)