Remaja 15 Tahun Asal Palestina Tewas Ditembak Tentara Israel di Gaza

Gaza City – Seorang remaja Palestina berusia 15 tahun tewas usai terkena tembakan tentara Israel. Insiden itu terjadi dalam bentrokan terbaru yang pecah di sepanjang perbatasan Gaza, pekan ini.

Seperti dilansir AFP, Jumat (8/3/2019), juru bicara Kementerian Kesehatan Gaza, Ashraf al-Qudra, mengidentifikasi remaja Palestina itu sebagai Saif al-Deen Abu Zeid yang baru berusia 15 tahun. Dituturkan Qudra kepad AFP bahwa remaja itu terkena tembakan dalam bentrokan di perbatasan.

“Meninggal karena luka-luka yang dideritanya di Gaza Timur,” sebut Qudra merujuk pada bentrokan yang terjadi di Gaza Timur pada Rabu (6/3) malam.


Dalam pernyataannya, militer Israel enggan mengomentari secara spesifik. Namun disebutkan seorang juru bicara militer Israel itu bahwa ratusan ‘perusuh’ melemparkan batu dan peledak ke arah tentara Israel yang berjaga di sepanjang perbatasan.

Ditegaskan juru bicara itu bahwa tentara-tentara Israel merespons sejalan dengan ‘standar prosedur operasional’.

Militer Israel kemudian menyatakan bahwa jet-jet tempur miliknya telah menggempur sejumlah target di Gaza bagian selatan. Target-target itu diyakini Israel sebagai posisi-posisi Hamas yang menguasai Gaza.

Disebutkan militer Israel bahwa serangan udara itu bertujuan ‘merespons balon-balon yang dipasangi alat peledak dan proyektil’ yang diluncurkan dari Jalur Gaza ke wilayah Israel.

Secara terpisah, seorang sumber keamanan Palestina menyatakan salah satu pangkalan Hamas di Gaza bagian selatan terkena serangan udara. Disebutkan bahwa serangan udara itu memicu kerusakan namun tidak ada korban luka.

Serangan udara Israel itu merupakan serangan keenam sejak pekan lalu, untuk merespons ‘serangan’ balon peledak dari Gaza. Israel selalu menganggap Hamas bertanggung jawab atas setiap serangan maupun aksi yang diluncurkan dari wilayah Gaza.

“Hamas harus memahami bahwa setiap aksi kekerasan akan memancing reaksi keras dari Israel,” tegas Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, dalam pernyataannya.

(nvc/dhn)