Puluhan Roket Ditembakkan ke Israel dari Jalur Gaza

Gaza – Puluhan roket ditembakkan dari wilayah Jalur Gaza ke Israel hari Sabtu ini. Militer Israel merespons dengan melancarkan serangan udara.

Militer Israel menyatakan seperti dilansir kantor berita AFP, Sabtu (4/5/2019), sekitar 50 roket ditembakkan dari Gaza dan sistem pertahanan udaranya telah mencegat lusinan di antaranya.

Sebagai respons atas serangan roket-roket tersebut, jet-jet tempur Israel melancarkan serangan udara yang menargetkan dua peluncur roket di Gaza.


Sumber keamanan Gaza mengatakan, serangkaian serangan udara Israel telah mengenai setidaknya tiga wilayah terpisah di Jalur Gaza dan bahwa tiga “petempur perlawanan” terluka dalam serangan-serangan itu. Tidak disebutkan lebih rinci mengenai identitas ketiganya.

Belum diketahui apakah ada korban di pihak Israel.

Eskalasi ini terjadi menyusul bentrokan ganas di sepanjang perbatasan Gaza saat aksi-aksi demo warga Palestina pada Jumat (3/5) waktu setempat.

Empat warga Palestina termasuk dua militan Hamas, tewas akibat aksi militer Israel di Jalur Gaza tersebut. Aksi militer Israel dilancarkan setelah dua tentaranya terluka dalam insiden penembakan saat aksi-aksi protes di perbatasan Gaza.

Selama lebih dari setahun terakhir, warga Palestina telah menggelar aksi-aksi demo di sepanjang perbatasan Gaza. Mereka menyerukan Israel untuk menghentikan blokade atas Gaza dan menuntut hak mereka untuk kembali ke rumah-rumah mereka sebelum mereka terusir dalam operasi militer Israel puluhan tahun silam.

Setidaknya 269 warga Palestina telah tewas di tangan pasukan Israel sejak aksi-aksi demo di sepanjang perbatasan Gaza dimulai pada Maret 2018. Dua warga Israel juga tewas dalam kurun waktu yang sama.

Simak Juga ‘Tuntut Kembali ke Tanah Air, 40.000 Warga Palestina Turun ke Jalan’:

[Gambas:Video 20detik]

(ita/ita)