Pria Palestina Ditembak Mati Tentara Israel di Tepi Barat

Tepi Barat – Seorang pria Palestina tewas ditembak oleh tentara Israel di Nablus, Tepi Barat. Militer Israel menyebut pria Palestina itu ditembak setelah berusaha menyerang tentaranya.

“Seorang warga Palestina tewas dibunuh setelah pasukan pendudukan (Israel-red) melepas tembakan ke arahnya,” demikian pernyataan Kementerian Kesehatan Palestina, seperti dilansir AFP, Selasa (22/1/2019).

Kantor berita Palestina, WAFA News Agency, seperti dilansir Anadolu Agency menyebut pria Palestina yang ditembak itu bernama Mohammed Fevzi Adevi (36).


Insiden tersebut dilaporkan terjadi di pos pemeriksaan militer Huwara di Nablus bagain selatan.

Pernyataan Kementerian Kesehatan Palestina itu disampaikan setelah militer Israel menyatakan tentara-tentaranya telah ‘menetralisasi’ seorang penyerang bersenjatakan pisau di area yang sama.

Dalam pernyataannya, militer Israel menyebut hasil penyelidikan menunjukkan penyerang itu tiba dengan mobil dari Nablus dan berusaha menikam seorang tentara yang menjaga pos pemeriksaan.

“Seorang tentara lainnya merespons dengan menembak ke tentara itu dan menetralisasinya,” demikian pernyataan militer Israel. Tidak ada tentara Israel yang luka-luka dalam serangan itu.

Diketahui bahwa Israel selalu menindak tegas setiap warga Palestina yang disebutnya melakukan serangan seperti ‘berupaya menikam’ atau ‘berupaya menabrakkan mobil’ ke warga Israel. Organisasi-organisasi HAM menuduh Israel melakukan eksekusi terhadap warga Palestina.

(nvc/bag)