Pria Bersenjata Serang Desa di Nigeria: Bunuh 40 Orang dan Curi Ternak

Jakarta – Kelompok pria bersenjata menyerang desa-desa pertanian dan penggembalaan di distrik Shiroro, Nigeria. Sebanyak 40 orang tewas atas serangan itu.

Juru bicara Badan Manajemen Darurat Negara (SEMA) Nigeria, Ibrahim Audu Husseuin, mengatakan setidaknya 40 mayat ditemukan akibat serangan tersebut. Pelaku juga mencuri hewan ternak di desa-desa yang diserang di antaranya di Desa Kwaki, Ajatayi, Gwassa, Barden Dawaki, Alewa dan Sarkin Pawa.

“Untuk saat ini, 40 mayat telah ditemukan,” kata Hussein, seperti dikutip AFP, Kamis (13/6/2019).

Hussein mengatakan, ada kemungkinan jumlah korban tewas bertambah. Sebab tim pencarian dan penyelamatan masih menemukan korban di semak-semak. Jumlah korban terakhir, kata Hussein akan diumumkan segera.

“Tim pencarian dan penyelamatan masih menemukan mayat di semak-semak dan jumlah korban terakhir akan diumumkan kemudian,” ujarnya.

Disebutkan, pelaku penyerangan itu menyerbu desa-desa terpencil di Nigeria dengan mengendarai sepeda motor. Pelaku memberondong senjatanya ke warga sekitar. Hussein mengatakan sejumlah pria bersenjata itu mengambil ratusan kawanan ternak dari desa.

Dilaporkan, kabar penyerangan di desa terpencil tersebut terlambat karena medan yang sulit, serta sinyal komunikasi yang buruk di desa tersebut. Penculikan dan gerombolan pengganggu ternak telah meneror masyarakat di negara bagian di barat laut negara itu tetapi serangan di negara bagian Nigeria jarang terjadi.
(idn/jbr)