Pria Bangladesh Dihukum Gantung Atas Pembunuhan Diplomat Arab Saudi

Dhaka – Seorang pria Bangladesh dihukum gantung di sebuah penjara di pinggiran Dhaka, Bangladesh atas pembunuhan seorang diplomat Arab Saudi pada tahun 2012.

Khalaf Al Ali (45) yang bekerja di bagian konsuler di Kedutaan Besar Arab Saudi, ditembak di zona diplomatik di Dhaka, ibu kota Bangladesh, tepatnya di depan apartemen sewaannya. Diplomat Saudi itu kemudian meninggal di rumah sakit.

Saat itu, kepolisian menyatakan bahwa terpidana mati, Saiful Islam (30) memimpin geng yang mencoba merampok diplomat tersebut.


“Dia dieksekusi sesuai perintah pengadilan,” kata pejabat penjara, Shahjahan Ahmed kepada kantor berita AFP, Senin (4/3/2019).

Sebelumnya pada Agustus 2018 lalu, Mahkamah Agung menguatkan vonis mati yang dijatuhkan pada Islam. Dia telah divonis mati pada tahun 2013 oleh pengadilan yang menyebut dia sebagai pelaku utama pembunuhan diplomat Saudi tersebut.

Otoritas Bangladesh secara reguler mengeksekusi mati para terpidana mati meski banyaknya kritikan dari kelompok-kelompok HAM.

Dalam beberapa tahun terakhir, setidaknya lima pemimpin Islamis, yang telah dinyatakan bersalah atas kejahatan perang, dan belasan ekstremis telah dieksekusi mati di penjara-penjara berkeamanan tinggi. Mereka semua dieksekusi mati dengan cara dihukum gantung.
(ita/ita)