Polisi Wanita di Jepang Mundur Setelah Mengendara Tanpa Lisensi

Saitama – Seorang polisi wanita di Jepang mengundurkan diri setelah terungkap mengemudikan kendaraan polisi tanpa surat-surat atau lisensi. Kejadian itu berlangsung selama 10 sampai 20 kali sejak November 2018.

“Saya pikir saya akan dipaksa untuk mengundurkan diri dari biro investigasi kriminal jika saya akui saya tidak memiliki lisensi,” kata polisi prefektur Saitama, seperti dilansir Japan Today, Minggu (28/4/2019).


Polisi tersebut merupakan anggota dari urusan kriminal Kantor Polisi Kawagoe. Dia dituduh mengendarai mobil polisi empat kali di kota Kawagoe antara 10 Januari hingga 15 Januari.

Rahasianya terungkap ketika dia diinterogasi menyusul kecelakaan di tempat parkir polisi Kawagoe pada 16 Januari. Dia kemudian dipaksa untuk mengungkapkan bahwa dia hanya memiliki lisensi untuk kendaraan roda dua.

Dalam laporan yang diajukan setiap bulan April dan Oktober, petugas kepolisian menulis bahwa ia memiliki lisensi untuk mengendarai mobil juga untuk kendaraan berukuran sedang.

“Sangat disesalkan bahwa seorang petugas polisi telah melakukan tindakan seperti itu,” kata Katsuhiko Kondo, kepala inspektur departemen kepolisian prefektur.

Kondo menyesalkan atas insiden tersebut. Dia berjanji akan melakukan pembenahan agar kejadian itu tak terulang.

“Kami akan melakukan yang terbaik untuk memastikan insiden semacam ini tidak akan terulang dengan melakukan yang terbaik ketika menasihati petugas kami,” ujar Kondo.
(knv/fai)