PM Australia Ingin Senator yang Kena Kepruk Telur Dipidana

Sydney – Perdana Menteri (PM) Australia Scott Morrison ikut angkat bicara soal pernyataan Senator Fraser Anning yang menyalahkan Muslim atas tragedi di Christchurch, New Zealand. Menurut Morrison, Anning harusnya dikenakan dakwaan.

“Kekuatan penuh hukum harus diterapkan pada Senator Anning,” kata Morrison kepada wartawan, Minggu (17/3) seperti dikutip dari The Telegraph, Senin (18/3/2019).

Senator Australia Fraser Anning menyalahkan imigran Muslim atas teror di Christchurch, New Zealand (Selandia Baru). Teror tersebut menewaskan sebanyak 50 orang.


Anning yang dikenal kontroversial menyebut penembakan massal yang dilakukan Brenton Tarrant itu menyoroti meningkatnya ketakutan atas bertambahnya keberadaan Muslim.

Perdana Menteri (PM) New Zealand (Selandia Baru), Jacinda Ardern, mengecam pernyataan Anning tersebut. Menurut Ardern, komentar tersebut memalukan.

“Memalukan,” kata Ardern singkat, menjawab pertanyaan salah satu wartawan yang meminta pendapatnya terkait statemen Anning.

Pernyataan Anning juga memicu aksi nekat seorang remaja berusia 17 tahun bernama Will Connolly yang saat ini dikenal dengan sebutan Egg Boy. Connolly mengepruk kepala Anning yang sedang diwawancara media dengan menggunakan telur hingga telur tersebut pecah berantakan ke pakaian Anning.

Sementara itu petisi untuk mencopot Anning dari posisinya sebagai senator Australia, muncul di change.org. Hingga saat ini hampir satu juta orang menandatangani petisi berjudul ‘Remove Fraser Anning from parliament’ itu.

Dilihat detikcom di halaman Change.org, Senin (18/3), pembuat petisi tersebut atas nama akun Kate Ahmad. Hingga pukul 12.10 WIB, petisi tersebut sudah ditandatangani lebih dari 1,2 juta kali.
(rna/ita)