Pesawat Tabrak 2 Helikopter di Bandara Dekat Everest, 3 Orang Tewas

Lukla – Sebuah pesawat kecil menabrak 2 helikopter di Bandara Tenzing-Hillary, Lukla, dekat Gunung Everest. Insiden ini menewaskan 3 orang dan 3 orang lainnya terluka.

Dilansir dari AFP, Minggu (14/4/2019), kecelakaan tersebut disebabkan karena pesawat kecil tersebut membelok dari landasan pacu saat lepas landas. Tidak lama kemudian, pesawat kecil itu menabrak helikopter.

Adapun korban tewas dalam kecelakaan ini adalah seorang pilot pesawat tur-prop Let-410 yang dioperasikan Summit Air menuju dan seorang petugas polisi. Korban lainnya, seorang polisi, meninggal di rumah sakit di ibu kota Nepal Kathmandu.

“Pesawat menuju ke helipad saat lepas landas dan bertabrakan dengan dua helikopter. Yang terluka telah dikirim ke Kathmandu untuk perawatan,” ujar Pejabat bandara Lukla, Ema Nath Adhikari kepada AFP.
Dari foto-foto yang diterima, tampak puing-puing pesawat dan helikopter hangus dan hancur. “Kami belum begitu meyakini terkait penyebab kecelakaan,” imbuh Adhikari.

Untuk diketahui, Bandara Lukla kerap digunakan oleh pendaki yang menuju Gunung Everest setiap tahun. Wilayah itu sangat ramai pada April saat musim pendakian dimulai.
(dkp/imk)