Pesan Untuk Iran, AS Kirim Kapal Induk dan Pengebom ke Timur Tengah

Washington DCAmerika Serikat (AS) mengirimkan kelompok penyerang dari armada kapal induk dan pasukan pengebom ke kawasan Timur Tengah. Penasihat Keamanan Nasional AS, John Bolton, menyebut pengerahan ini menjadi pesan yang ‘jelas dan tak diragukan lagi’ untuk Iran.

“Sebagai respons terhadap sejumlah indikasi dan peringatan yang mengganggu dan memicu eskalasi, Amerika Serikat mengerahkan Kelompok Serbu Kapal Induk USS Abraham Lincoln dan sebuah pasukan satuan pengebom ke wilayah Komando Sentral AS,” sebut Bolton dalam pernyataannya seperti dilansir AFP, Senin (6/5/2019).

Lebih lanjut, Bolton menyebut pengerahan itu ditujukan untuk rezim Iran.

“Menjadi pesan yang jelas dan tidak diragukan lagi untuk rezim Iran bahwa setiap serangan terhadap kepentingan Amerika Serikat atau terhadap sekutu-sekutu kami akan berhadapan dengan kekuatan tak henti-hentinya,” sebut Bolton dalam pernyataannya pada Minggu (5/5) waktu setempat.

“Amerika Serikat tidak mencari perang dengan rezim Iran, tapi kami bersiap secara penuh untuk merespons setiap serangan, apakah melalui proxy, Korps Garda Revolusi Islam, atau pasukan regular Iran,” imbuhnya.

Tidak disebutkan lebih lanjut dalam pernyataan ini soal mengapa AS baru melakukan pengerahan saat ini. Namun pernyataan Bolton ini dirilis saat konflik tengah meluas antara militan Palestina di Gaza dengan Israel, yang melibatkan aksi saling serang dengan roket dan serangan udara dalam beberapa hari terakhir.

Pengerahan ini juga terjadi saat ketegangan antara AS dengan Iran semakin memuncak terkait program nuklir rezim Iran. Diketahui bahwa AS menargetkan ekspor pengayaan uranium Iran dengan sanksi-sanksi ekonomi.

(nvc/ita)