Penyiar Radio Inggris Dipecat Usai Nge-tweet Soal Bayi Pangeran Harry

London – Media Inggris terkemuka, BBC, memecat salah satu penyiar radionya terkait kicauan Twitter soal bayi Pangeran Harry dan istrinya, Meghan. Presenter radio BBC itu secara kasar membandingkan bayi Pangeran Harry dengan simpanse.

Seperti dilansir Reuters, Kamis (9/5/2019), penyiar BBC Radio 5 Live bernama Danny Baker itu diketahui memposting foto seekor simpanse memakai pakaian manusia dengan tulisan ‘bayi kerajaan meninggalkan rumah sakit’ via akun Twitternya.

Baker telah mengumumkan pemecatan dirinya via akun Twitter miliknya, usai postingan itu dipermasalahkan. “Baru saja dipecat,” kicau Baker secara singkat via Twitter pada Kamis (9/5) waktu setempat.


Dalam pernyataannya, pihak BBC menyebut postingan Baker itu sebagai kesalahan serius yang ‘bertentangan dengan nilai-nilai yang kami pegang sebagai stasiun radio’.

“Danny seorang penyiar brilian, tapi tidak akan lagi mewakili acara mingguan bersama kami,” tegas BBC dalam pernyataannya.

Diketahui bahwa Meghan, istri Pangeran Harry, melahirkan seorang bayi laki-laki pada Senin (6/5) pagi waktu setempat. Bayi bernama Archie itu menjadi bayi ras campuran pertama yang terlahir dalam posisi tinggi di kalangan keluarga Kerajaan Inggris dalam sejarah modern Inggris.

Meghan sendiri, yang ibunya keturunan Afrika-Amerika dan ayahnya berkulit putih, telah sejak lama menjadi target komentar-komentar rasis di media sosial.

(nvc/ita)