Penyebab Kebakaran di Kompleks Al-Aqsa Diselidiki, Diduga Ulah Anak-anak

Yerusalem – Penyebab kebakaran di kompleks Masjid Al-Aqsa di Yerusalem masih diselidiki lebih lanjut. Dugaan sementara menyebut api dipicu oleh ulah anak-anak yang bermain api di sekitar kompleks Masjid Al-Aqsa.

Pernyataan Departemen Wakaf Islam untuk Masjid Al-Aqsa, seperti dilansir Alaraby.co.uk dan Sputnik News, Selasa (16/4/2019), menyatakan bahwa api mulai muncul di dalam ruangan petugas keamanan, yang ada di luar Ruang Salat Marwani, pada Senin (15/4) malam waktu setempat.

Laporan serupa juga disampaikan Palestine News Agency, kantor berita resmi Otoritas Palestina. Ruang Salat Marwani diketahui terletak di bagian sudut tenggara kompleks Haram al-Sharif yang juga disebut sebagai Temple Mount, lokasi Masjid Al-Aqsa.


Kebakaran skala kecil ini dilaporkan tidak memicu kerusakan signifikan pada kompleks Masjid Al-Aqsa yang menjadi situs tersuci ketiga bagi umat muslim itu.

Brigade Pemadam Kebakaran pada Departemen Wakaf Islam untuk Masjid Al-Aqsa dilaporkan berhasil memadamkan kebakaran tersebut. Area di sekitar lokasi kebakaran ditutup sementara, sambil penyelidikan untuk mencari tahu penyebab kebakaran dilakukan.

Dugaan sementara menyebut kebakaran di kompleks Masjid Al-Aqsa itu dipicu oleh anak-anak yang sedang bermain-main api. Dalam pernyataan terkait kebakaran ini, Departemen Wakaf Islam untuk Masjid Al-Aqsa mengimbau para jemaah sekitar untuk mendidik anak-anak mereka.

“Jemaah yang tinggal di sekitar masjid dan di Old City untuk mendidik anak-anak mereka untuk tidak bermain dengan api, khususnya di dalam Masjid Al-Aqsa,” sebut Departemen Wakaf Islam dalam pernyataannya.

Secara terpisah, Kepolisian Israel menyatakan bahwa pihaknya telah meluncurkan penyelidikan terhadap insiden kebakaran ini. Diketahui bahwa Israel menduduki seluruh wilayah Yerusalem sejak mencaploknya tahun 1967 silam.

Seorang petugas keamanan, yang bertugas saat kebakaran terjadi, telah diinterogasi. Petugas keamanan pada kompleks Masjid Al-Aqsa menuturkan kepada The New Arab bahwa terdapat sedikit jeda — sekitar pukul 19.15 waktu setempat hingga pukul 19.30 waktu setempat — saat rotasi petugas keamanan berlangsung pada malam kebakaran terjadi.

Kebakaran di kompleks Masjid Al-Aqsa ini terjadi bersamaan dengan kebakaran yang melalap sebagian Katedral Notre-Dame yang ikonik di Paris, Prancis.

(nvc/dhn)