Penembakan di Gereja Terjadi di Burkina Faso, 4 Orang Tewas

Ouagadougou – Pria-pria bersenjata menyerbu sebuah gereja di utara Burkina Faso. Mereka menembaki orang-orang dan menyebabkan 4 korban tewas.

Dilansir dari Reuters, Senin (27/5/2019), penembakan itu terjadi pada Minggu (26/5) waktu setempat.

Belum ada kelompok yang mengklaim bertanggungjawab atas aksi tersebut. Pemerintah setempat menyalahkan kelompok teroris yang disebut beroperasi di negara itu dan wilayah Sahel.


Sekelompok militan yang berbasis di Mali disebut telah berkumpul kembali usai intervensi Perancis pada 2013. Saat ini, mereka menggunakan utara dan tengah negara itu sebagai landasan peluncuran untuk serangan terhadap negara tetangga Burkina Faso dan Niger.
Sebelumnya, penembakan brutal pernah terjadi saat misa Minggu di sebuah gereja Katolik di Burkina Faso, Afrika Barat. Penembakan itu menyebabkan 6 orang tewas yang salah satunya merupakan seorang pastor setempat.

Dituturkan sumber keamanan dan pejabat setempat, seperti dilansir AFP, Senin (13/5), bahwa penembakan ini terjadi di sebuah Gereja Katolik yang ada di wilayah Dablo pada Minggu (12/5) waktu setempat.

Sekelompok pria bersenjata kembali menembaki peserta parade keagamaan di Burkina Faso bagian utara. Akibatnya, ada empat orang peserta parade yang tewas.

Dilansir AFP, Rabu (15/5/2019), parade yang dimaksud adalah pawai patung the Virgin Mary yang bergerak melalui kota Ouahigouya pada hari Senin (13/5).

(aik/haf)