Pemimpin Oposisi Inggris Dilempari Telur Saat Berkunjung ke Masjid

London – Pemimpin oposisi Inggris, Jeremy Corbyn, dilempari telur saat mengunjungi sebuah masjid di London Utara, Inggris. Seorang pria telah ditangkap terkait insiden pelemparan telur itu.

Seperti dilansir CNN dan Anadolu Agency, Senin (4/3/2019), insiden itu terjadi di Finsbury Park Mosque and Muslim Welfare House pada Minggu (3/3) waktu setempat. Kunjungan itu dilakukan dalam rangka program ‘Visit My Mosque Day‘ yang digelar di Inggris.

Corbyn yang merupakan ketua Partai Buruh Inggris ini, mendatangi Finsbury Park Mosque and Muslim Welfare House pada Minggu (3/3) sore waktu setempat dan menemui para jemaah masjid tersebut. Saat kunjungan itu, seseorang tiba-tiba melemparkan telur ke Corbyn.


Seorang sumber dari Partai Buruh mengatakan kepada CNN, Corbyn tidak mengalami luka-luka apapun dalam insiden itu. Motif di balik aksi pelemparan telur ini belum diketahui pasti.

Seorang pria yang melakukan aksi pelemparan telur itu langsung ditangkap di lokasi. Kepolisian Metropolitan London dalam pernyataannya menyebut seorang pria berusia 41 tahun telah ditahan atas dugaan penyerangan.

Pria yang tidak disebut namanya itu dilaporkan ditahan di sebuah kantor polisi di wilayah London Utara.

Diketahui bahwa ‘Visit My Mosque Day‘ merupakan program tahunan di Inggris. Saat program itu digelar, lebih dari 250 masjid di seluruh wilayah Inggris membuka diri kepada siapa saja yang ingin berkunjung.

“Menyambut para tetangga dari semua keyakinan dan tanpa keyakinan dan menjembatani lintas komunitas,” demikian pernyataan situs program ‘Visit My Mosque Day‘.

Insiden ini terjadi saat Corbyn baru saja mengumumkan dukungan untuk referendum Brexit kedua dan menghadapi kritikan atas caranya menangani sentimen anti-Semitisme di dalam partainya sendiri.

(nvc/ita)