Pemilu di Negara Paling Bahagia Sedunia, Apa Isu Yang Diperdebatkan?

HelsinkiFinlandia menggelar Pemilu Legislatif pada Minggu (14/4/2019) hari ini. Negara ini punya penduduk paling bahagia di dunia, lalu apa yang perlu diperdebatkan di Pemilu oleh orang-orang bahagia ini?

Dilansir AFP, menurut survei-survei setempat, Partai Sosial Demokrat hanya unggul tipis, dua poin saja, di atas Koalisi Nasional dan Partai Finlandia (Finns Party). Kekuatan Koalisi Nasional dan Partai Orang Finlandia seimbang.

Partai Sosial Demokrat mengkritisi pemerintahan yang dimotori oleh kubu Partai Tengah dan Perdana Menteri Juha Sipila, serta Menteri Keuangan Petteri Orpo yang berasal Partai Koalisi Nasional yang konservatif. Isu krusial yang mereka bahas adalah soal pemotongan pengeluaran dan isu imigrasi.


Finlandia memuncaki peringkat negara dengan penduduk paling bahagia di dunia. Sudah dua tahun mereka juara soal kebahagiaan warga negara.
Rahasia hidup bahagia dan berkualitas Finlandia adalah sistem pendidikan yang juga juara dunia, mudahnya cuti untuk orang yang sudah punya anak, dan tingkat ketidaksetaraan yang rendah. Kampanye Pileg Finlandia membahas pula soal bagaimana kelanjutan pendanaan sistem-sistem yang bisa membuat warga tetap bahagia itu.

Oposisi, yakni kelompok Sosial Demokrat yang dipimpin oleh Antti Rinne, tidak setuju dengan pemotongan pengeluaran publik yang diterapkan oleh pemerintah yang berhaluan kanan tengah saat ini. Sistem pemotongan pengeluaran publik itu sudah berjalan empat tahun terakhir. Partai Sosial Demokrat kini memimpin elektabilitas Pileg.

Namun Perdana Menteri Finlandia selanjutnya harus memutuskan bagaimana cara mereformasi sistem kesejahteraan yang murah hati di depan wajah penduduk yang cepat menua. Finlandia kini menghadapi masalah angka kelahiran yang rendah.

Pemilu di Negara Paling Bahagia Sedunia, Apa Isu Yang Diperdebatkan?Orang-orang Finlandia (BBC Magazine)

Cuma 6,6 persen warga Finlandia yang lahir di luar negeri. Ini membuat Finlandia menjadi negara paling homogen di Eropa. Namun dukungan untuk partai anti-imigran, yakni Partai Finlandia, tidak lantas menjadi besar dalam kondisi masyarakat homogen itu.
Partai anti-imigran sering membawa isu dugaan serangan seksual oleh oleh pria-pria migran pada Desember lalu. Partai yang berposisi di spektrum ideologi kanan jauh ini juga menentang aksi untuk mengatasi perubahan iklim.

Partai Finlandia menempati posisi kedua atau ketiga berdasarkan survei-survei terakhir. Popularitas mereka turun setelah bergabung dengan pemerintahan pada 2015 dan berkompromi terhadap kebijakan imigrasi serta Uni Eropa. Anggota parlemen eropa dari Finlandia yang menjadi pimpinan partai ini, Jussi Halla-aho, telah menarik Partai Orang Finlandia lebih jauh ke kanan.

Finlandia merdeka dari Rusia sejak 101 tahun silam. Rusia kini adalah mitra dagang Finlandia. Namun Finlandia waspada terhadap tetangganya di timur itu.

Dua konflik berdarah pada Perang Dunia II telah membuat Finlandia memberikan tanah ke Rusia. Meski begitu, banyak korban jatuh dari pihak Uni Soviet. Trauma itu masih ada di benak orang-orang Rusia.

Pemimpin Finlandia membuat dialog rutin dengan Kremlin. Di sisi lain, Finlandia juga terkadang mendukung sanksi Uni Eropa terhadap Rusia dalam kaitannya dengan kasus Krimea.

Bayang-bayang Rusia-lah yang membuat Finlandia tidak menjadi anggota NATO (Pakta Pertahanan Atlantik Utara). Meski begitu, Finlandia bersemangat mendukung penguatan kerja sama pertahanan Uni Eropa.

Finlandia punya prioritas memerangi serangan kampanye disinformasi dari Rusia, termasuk memastikan Pileg 2019 saat ini bebas dari intervensi Rusia. Soal posisi tawar terhadap Rusia, pertanyaan yang mengemuka adalah Finlandia butuh berapa banyak jet tempur? Teritori dirgantara Finlandia sering dilanggar Rusia akhir-akhir ini, dan ini adalah salah satu isu juga di Pileg.

Ekonomi Finlandia baru bangkit dari resesi mulai 2016, atau merupakan negara nomor dua terlambat dalam hal kepulihan dari kehancuran tahun finansial 2008. Penggerak ekonomi tradisional negara ini adalah ekspor kayu dan kertas. Finlandia juga punya Nokia, raksasa ponsel, namun tak menyokong ekonomi negara seperti dulu lagi.

Finlandia kini mendorong inovasi start-up. Negara ini punya catatan sukses di pasar gim komputer, menaklukkkan waralaba Angry Birds. Perdana Menteri Juha Sipila punya kebijakan penghematan selama empat tahun ini. Pemerintahan baru nanti butuh rencana yang lebih baik untuk meredakan badai ekonomi.

Dengan tiga juta tempat sauna untuk 5,5 juta orang, mandi uap adalah tradisi institusi Finlandia. Orang yang mandi uap bakal berkumpul dengan telanjang pada temperatur 85 derajat Celsius.

Bertahun-tahun, para pemimpin Finlandia selalu mengundang rekan-rekan dan mitra asingnya untuk berkumpul di sauna untuk mendiskusikan segala hal, termasuk politik. Namun praktik ini dicap seksis karena menyingkirkan kaum perempuan. Kaum perempuan biasanya bersauna secara terpisah.

Perdana Menteri Sipila menekankan, pria dan wanita bisa berdialog di teras setelah mandi uap. Finlandia sendiri punya proporsi perempuan tertinggi di dunia, yakni 41,5% pada Pileg terakhir.

(dnu/imk)