Patung Perunggu Kuda Nil Seberat 680 Kg di Inggris Hilang Dicuri

Jakarta – Sebuah patung berbentuk kuda nil berbahan perunggu di wilayah Kent, Inggris hilang dicuri. Pemilik patung seberat 680 kilogram itu heran dan minta segera dikembalikan.

Dilansir oleh CNN, patung perunggu setinggi 1,9 meter itu dilaporkan dicuri pada Jumat, (11/1/2019). Polisi wilayah Kent, Inggris mengatakan, patung kuda nil itu diyakini telah dicuri pada hari Rabu (9/1) ketika seseorang memaksa masuk ke Chilstone Garden Ornaments di Tunbridge Wells.

Chilstone sendiri didirikan pada tahun 1953 dan menyediakan ornamen taman buatan tangan. Tempat itu juga membuat batu arsitektural untuk beberapa klien paling terkenal di Inggris selama lebih dari 60 tahun.


“Kami sangat sedih karena seseorang telah mencuri patung indah kami,” seperti yang ditulis dalam akun Facebook Chilstone Garden Ornaments.

“Kami memang suka menunjukkan karya seni sebagai fitur di kebun kami, dan kami sangat kecewa, karena seseorang telah mengambilnya,” lanjutan unggahan di akun tersebut.

Petugas polisi Constable Nick Lingham mengatakan, patung kuda nil itu sangat berat. Sebelumnya, untuk meletakkan patung itu dikerjakan oleh lima orang.

“Mereka yang bertanggung jawab (pencuri-red) itu jelas membutuhkan kendaraan besar seperti truk, dan mungkin juga perlu mengangkatnya dengan cara mekanis,” kata Lingham.

“Ini adalah objek yang sangat khas dan tidak mungkin para pelanggar akan merasa mudah untuk menjualnya sebagai barang bekas atau kepada seorang kolektor. Karena ukurannya yang besar, kami berharap orang-orang yang mungkin melihatnya dipindahkan dan juga meminta masyarakat untuk melaporkan sesuatu yang mencurigakan,” lanjutnya.
(jor/bag)