Pakai Lisensi Palsu, Pilot South African Airways Ditangkap

Cape Town – Seorang pilot di Afrika Selatan ditangkap karena menggunakan lisensi palsu. Pilot maskapai South African Airways (SAA) bernama William Chandler itu telah bekerja selama 20 tahun di maskapai tersebut.

Melansir AFP, Selasa (12/3/2019), kepolisian menyatakan bahwa Chandler yang terciduk akhirnya terpaksa harus resign sebagai pilot. Chandler didakwa melakukan pemalsuan dokumen.

“Pengacaranya menyerahkannya (ke polisi) pagi ini,” kata juru bicara kepolisian nasional Vishnu Naidoo kepada AFP.


Chandler dibebaskan dengan uang jaminan US$ 350 dan diminta hadir di persidangan pada 15 Mei 2019.

Menurut SAA, Chandler mengklaim memiliki lisensi untuk bisa menerbangkan pesawat dengan banyak penumpang. Setelah diperiksa, Chandler hanya memiliki lisensi pilot pesawat komersil biasa. Lisensi pilot yang dimiliki Chandler adalah untuk pesawat kecil serta dia hanya memiliki sedikit pelatihan dan pengalaman.

SAA tak menjelaskan berapa lama Chandler bertugas di bawah lisensi palsunya. Serta berapa jumlah penumpang dan jenis pesawat yang dibawa Chandler.

Namun, SAA mengungkap bahwa kepalsuan Chandler terungkap pada November 2018. Kala itu Chandler jadi co-pilot di penerbangan ke Jerman dan pesawat tersebut mengalami turbulensi.
(rna/ita)