Nekat Berenang di Pantai Hawaii, Seorang Kakek Tewas Diserang Hiu

Honolulu – Mengenaskan! Seorang kakek tewas diserang seekor hiu saat berenang di perairan dekat Maui, pulau terbesar kedua di Hawaii. Pria ini nekat berenang meski ada peringatan dari otoritas setempat mengenai keberadaan hiu.

Seperti dilansir CNN, Senin (27/5/2019), pria yang tewas akibat serangan hiu pada Sabtu (25/5) waktu setempat ini tidak disebut identitasnya, hanya disebut dia berusia 65 tahun dan berasal dari California, Amerika Serikat (AS).

Juru bicara Departemen Pertanahan dan Sumber Daya Alam Hawaii, Dan Dennison, menuturkan kepada CNN bahwa pria itu bertemu seekor hiu saat berenang di titik berjarak hanya 54 meter dari Pantai Kaanapali.


Disebutkan Dennison bahwa sesuai dengan protokol, otoritas setempat telah memposting papan peringatan di sepanjang pantai untuk memperingatkan orang-orang soal potensi keberadaan hiu.

Laporan soal insiden ini yang disusun Departemen Pemadam Kebakaran dan Keselamatan Publik Distrik Maui, menyebutkan bahwa pria itu memberitahu keluarganya bahwa dia akan berenang di laut sebelum serangan terjadi.

Disebutkan dalam laporan itu, bahwa pria ini ditemukan dalam keadaan tak sadarkan diri usai diserang hiu. Dia sempat diberi napas buatan oleh paramedis yang tiba di lokasi.

Insiden di Maui ini, sebut Dennison, menjadi serangan hiu pertama di wilayah Maui sepanjang tahun ini.

Secara keseluruhan di Hawaii, serangan hiu ini menjadi insiden ketiga sepanjang tahun 2019. Pada April lalu, seorang turis dari California diserang hiu saat berlibur ke Hawaii. Kemudian otoritas setempat terpaksa menutup Teluk Hanaleio di dekat pantai Kaua’i setelah seekor hiu menyerang seorang peselancar pada Februari lalu.

(nvc/ita)