NASA: Bumi Tampak 5% Lebih Hijau Dibanding 20 Tahun Lalu

WashingtonBadan Antariksa AS (NASA) mengungkap penampakan terbaru planet bumi dibanding 20 tahun lalu. Bumi disebutkan tampak lebih hijau karena aktivitas reboisasi yang cukup ‘ambisius’.

Dilansir dari Fox News, Jumat (1/3/2019), berdasarkan hasil penelitian yang dipublikasikan 11 Februari 2019 lalu, penghijauan yang dilakukan di bumi selama kurun waktu 20 tahun meningkat sebanyak 5 persen atau sama dengan 2 juta mil persegi luas dedaunan hijau.

Berdasarkan perpaduan foto satu satelit tahun 1990-an dari Boston University dan dua satelit milik NASA, tampak China dan India menjadi ‘pemimpin’ dalam menjadikan bumi lebih hijau.


Awalnya, para peneliti menghubungkan perubahan itu dengan cuaca yang lebih hangat, iklim yang lebih basah, hingga fertilisasi dari penambahan karbon dioksida. Akan tetapi seorang ilmuwan peneliti di Ames Research Center NASA, Rama Nemani, menganggap bahwa ‘manusia juga berkontribusi’ dalam penghijauan ini.
Rama Nemani menyebutkan bahwa memang ada program-program di China untuk melestarikan dan memperluas hutan, dan penanaman tanaman pangan di India.

“Sekarang kita tahu pengaruh langsung manusia adalah pendorong utama penghijauan bumi, kita perlu memasukkan faktor ini ke dalam model iklim kita,” ujar Nemani.

“Ini akan membantu para ilmuwan membuat prediksi yang lebih baik tentang perilaku berbagai sistem di bumi, yang akan membantu negara-negara membuat keputusan yang lebih baik tentang bagaimana dan kapan harus mengambil tindakan,” jelasnya.
(rna/ita)