Napi Militan ISIS Bikin Rusuh di Penjara Tajikistan, 32 Orang Tewas

Dushanbe – Sebuah kerusuhan yang dipicu sejumlah narapidana (napi) militan Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) pecah di sebuah penjara dengan keamanan ketat di Tajikistan, Asia Tengah. Sedikitnya 32 orang tewas dalam kerusuhan ini.

Dituturkan Kementerian Kehakiman Tajikistan dalam pernyataannya, seperti dilansir Reuters, Senin (20/5/2019), bahwa kerusuhan penjara pecah pada Minggu (19/5) malam waktu setempat, di penjara kota Vakhdat, yang berjarak 10 kilometer sebelah timur ibu kota Dushanbe.

Sejumlah narapidana militan ISIS yang mempersenjatai diri mereka dengan pisau, sebut kementerian, membunuh tiga sipir penjara dan lima narapidana lainnya.


Salah satu militan ISIS yang menghasut kerusuhan ini diidentifikasi bernama Bekhruz Gulmurod. Dia merupakan putra dari Gulmurod Khalimov, seorang kolonel pasukan khusus Tajikistan yang membelot ke ISIS tahun 2015 lalu dan tewas di Suriah.

Mereka yang tewas dalam kerusuhan ini terdiri atas tiga sipir penjara dan 29 narapidana. Kebanyakan narapidana yang tewas merupakan militan ISIS.

Pasukan keamanan Tajikistan, sebut kementerian, menewaskan 24 militan saat menangani kerusuhan itu.

Kementerian Kehakiman Tajikistan memastikan bahwa ketertiban di penjara yang menampung 1.500 narapidana itu telah dipulihkan.

Kerusuhan di dalam penjara yang melibatkan narapidana militan ISIS semacam ini bukan yang pertama kali terjadi di Tajikistan. Pada November 2018 lalu, ISIS yang telah kehilangan wilayahnya di Suriah dan Irak, mengklaim bertanggung jawab atas kerusuhan di penjara Tajikistan lainnya.

(nvc/idh)