Mobil Tertimpa Papan Raksasa di Jalan Tol, Wanita Australia Selamat

Melbourne – Seorang wanita di Melbourne, Australia berhasil selamat setelah mobilnya tertimpa papan besi raksasa penanda jalan di tengah jalan tol setempat. Papan penanda itu membuat mobilnya rusak parah, namun wanita ini hanya mengalami luka-luka dan kini masih dirawat di rumah sakit setempat.

Seperti dilansir Reuters dan Channel News Asia, Senin (14/1/2019), papan logam berukuran 5 meter x 4 meter yang dilas dan dibaut ke sebuah struktur yang ada di atas kepala para pengendara itu, terjatuh saat jam sibuk arus lalu-lintas kota Melbourne pada Selasa (8/1) malam hari.

Saat terjatuh dari atas, papan logam itu menimpa salah satu kendaraan yang sedang melaju. Laporan media lokal Australia, ABC News, menyebut wanita bernama Nella Lettieri (53) yang mengemudikan mobil itu, tidak mengalami luka serius. Namun Lettieri menderita memar-memar di tubuhnya.


Lettieri dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan medis atas luka-luka ringan yang dialaminya. Dilaporkan kini Lettieri dalam ‘kondisi stabil’.

“Rasanya seperti pintu garasi menutup tepat di depan saya,” tutur Lettieri kepada ABC News. “Saya memutuskan membanting setir, tapi saat saya membanting setir, rasanya seperti papan itu jatuh tepat di atas mobil. Papan itu terus terpental dan saya merasa seperti papan itu mendorong saya ke arah kanan,” imbuhnya.

Otoritas setempat telah memulai penyelidikan atas insiden ini. Ruas jalan tol yang menjadi lokasi insiden itu dinyatakan aman untuk dilalui kendaraan. VicRoads, otoritas jalanan dan lalu lintas untuk negara bagian Victoria telah mengerahkan pengkaji independen untuk mencari tahu penyebab insiden ini.

“Masih terlalu dini untuk bicara soal hasil penyelidikan secara detail, ada banyak hal yang perlu dilakukan,” ujar Wakil Direktur Eksekutif VicRoads, Robyn Seymour, saat ditanya soal laporannya adanya karat di bagian bawah papan penanda yang jatuh itu.

“Pada tahap ini kami tidak tahu apa penyebabnya. Kami perlu mendatangkan pakar logam untuk memeriksa papan itu, juga bersama para teknisi kami. Kami sungguh perlu, dan kami ingin, untuk mencari kejelasan hingga ke akarnya soal apa yang salah dalam situasi ini agar kami bisa memastikan insiden ini tidak terulang kembali,” tegas Seymour.

Sebagai langkah pencegahan, sebut ABC News, papan penanda lainnya yang ada di lokasi yang sama telah dilepas untuk diperiksa lebih lanjut. “Mereka telah mencopot satu lagi papan penanda yang ada di penyangga,” ucap Pelaksana Tugas Premier Victoria, Tim Pallas, dalam pernyataannya.

“Karena orang-orang, dengan alasan berbeda-beda, khawatir soal papan-papan penanda yang ada di ruas jalan tol, otoritas proyek jalan utama telah melakukan inspeksi semalaman terhadap seluruh papan penanda dan merasa puas bahwa papan penanda itu baik-baik saja,” imbuhnya.

(nvc/ita)