Miliarder Malaysia Jho Low Disebut Terlibat Skandal Seks K-pop

Seoul – Miliarder Malaysia Low Taek Jho alias Jho Low yang menjadi buronan skandal korupsi 1Malaysia Development Berhad (1MDB) ikut terlibat dalam skandal seks K-pop yang mengguncang Korea Selatan (Korsel). Jho Low disebut ikut menerima layanan seks yang disediakan salah satu pengusaha hiburan ternama K-pop.

Seperti dilaporkan media Korsel, The Korea Herald dan dilansir media lokal Malaysia, The Star, Rabu (29/5/2019), informasi itu dilaporkan oleh program televisi investigatif bernama ‘Straight‘ yang disiarkan Munhwa Broadcasting Corporation (MBC) — salah satu jaringan televisi dan radio terkemuka Korsel.

Dalam tayangan pada Senin (27/5) waktu setempat, disebutkan bahwa CEO YG Entertainment — perusahaan hiburan terkenal di Korsel, Yang Hyun-Suk, menggelar jamuan makan malam dan menyediakan sejumlah pekerja seks komersial (PSK) untuk dua investor asing kaya raya.


Salah satu investor asing yang dimaksud adalah Jho Low yang saat ini masih menjadi buronan skandal 1MDB, yang melibatkan penggelapan US$ 4,5 miliar dari perusahaan investasi negara di Malaysia. Jho Low tengah diburu oleh pemerintah berbagai negara seperti Malaysia, Singapura hingga Amerika Serikat (AS).
Selain Jho Low, satu investor asing lainnya yang disebut juga menerima layanan seks adalah seorang pengusaha pria dari Thailand yang namanya tidak diungkap. Makan malam dan layanan seks itu dilaporkan diberikan kepada Jho Low dan pengusaha Thailand itu pada Juli 2014 lalu.

Disebutkan lebih lanjut oleh program investigatif ‘Straight‘ bahwa sedikitnya 25 wanita, termasuk lebih dari 10 PSK yang berasal dari perusahaan hiburan dewasa yang dekat dengan YG, serta delapan pria ikut hadir dalam jamuan makan malam yang diwarnai layanan seks saat itu. Diketahui bahwa prostitusi merupakan pelanggaran hukum atau ilegal di Korsel.

“Orang-orang kaya yang menghadiri pertemuan saat itu berasal dari luar negeri,” ujar reporter program investigatif tersebut.

Laporan program investigatif itu juga menyebut sosok yang dipanggil Madam Chung, yang disebut menyuplai PSK untuk jamuan makan malam bagi para investor asing itu. Madam Chung — yang tidak disebut nama aslinya — merupakan sosok berpengaruh di Korsel yang disebut-sebut punya hubungan dekat dengan politikus dan konglomerat Korsel. Menurut reporter program investigatif itu, Madam Chung juga punya hubungan dekat dengan CEO YG Entertainment.

Pihak YG Entertainment, yang selama ini disebut sebagai ‘Big 3‘ perusahaan hiburan di Korsel, telah menyangkal laporan itu sebagai tuduhan ‘tak berdasar’.

Menanggapi laporan ini, Jho Low melalui pengacaranya di AS, juga menyampaikan bantahan keras. “Tuan Low adalah teman dari Psy dan melalui dia, berkenalan dengan Yang Hyun-Suk. Dia tidak pernah terlibat, ataupun menyadari, segala perilaku yang dituduhkan dalam laporan MBC Straight,” tegas pernyataan pihak Jho Low. Psy merupakan salah satu artis K-pop yang pernah bernaung di bawah agensi YG Entertainment.

Kasus yang menyeret Jho Low ini mencuat setelah Korsel diguncang skandal prostitusi dan penyalahgunaan narkoba di kelab malam mewah di Seoul, Burning Sun, yang dimiliki oleh Seungri, mantan personel boyband K-pop terkenal, Big Bang, yang bernaung di bawah YG Entertainment.

(nvc/ita)