Menlu AS akan Kunjungi Belgia Bahas Izin Nuklir Iran

Jakarta – Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo akan berkunjung ke Belgia pada Senin mendatang. Pompeo mengatakan pertemuan itu untuk membantu menyelesaikan persoalan yang mendesak di Iran.

Salah seorang pejabat luar negeri AS mengatakan kunjungan Pompeo ke Belgia itu membuat kunjungannya ke Rusia tertahan sehari. Keesokan harinya Pompeo akan tetap mengunjungi Rusia dan bertemu Presiden Putin.

“Namun dia masih akan menuju resor Sochi di Laut Hitam Rusia pada hari Selasa untuk bertemu dengan Presiden Vladimir Putin dan Menteri Luar Negeri Sergei Lavrov,” ujarnya saat dilansir melalui AFP, Selasa (14/5/2011).

Pejabat itu mengatakan Pompeo akan melakukan pertemuan dengan beberapa perwakilan negara di Belgia untuk menandatangani perjanjian tiga negara di Eropa terkait nuklir Iran 2015.

“Itu hanya mengatakan pembicaraan akan diadakan dengan para pejabat dari Perancis, Inggris dan Jerman – tiga penandatangan Eropa untuk perjanjian nuklir Iran 2015,” tuturnya

“Iran mengumumkan pada 8 Mei 2019, satu tahun setelah AS menarik diri dari kesepakatan itu, bahwa Iran menangguhkan beberapa komitmennya berdasarkan perjanjian tersebut,” lanjutnya.

Presiden Hassan Rouhani mengeluarkan ultimatum kepada Eropa, mengancam bahwa Iran akan melangkah lebih jauh jika mereka gagal memberikan bantuan sanksi untuk mengimbangi serangan baru Presiden AS Donald Trump terhadap ekonomi Iran dalam waktu 60 hari.

(eva/nvl)