Marah karena AS Ingin Kudeta di Venezuela, Ini Kata Maduro ke Trump

CaracasPresiden Venezuela Nicolas Maduro melontarkan kata-kata keras pada Presiden Amerika Serikat Donald Trump yang dituduhnya mencoba mendalangi kudeta terhadap pemerintahannya. Maduro pun memerintahkan penutupan Kedutaan Besar Venezuela dan konsulat-konsulatnya di Amerika Serikat. Perintah ini disampaikan setelah Washington menyatakan dukungan pada pemimpin oposisi Juan Guaido yang memproklamirkan dirinya sebagai presiden interim Venezuela.

“Saya percaya tidak ada keraguan bahwa Donald Trump ingin memaksakan pemerintahan de facto, pemerintah yang tidak konstitusional, kudeta terhadap rakyat dan demokrasi di Venezuela,” cetus Maduro dalam pidatonya di sesi khusus Mahkamah Agung Venezuela.

“Tak ada keraguan bahwa Donald Trump dengan kegilaannya, meyakini dirinya adalah polisi dunia,” imbuhnya seperti dilansir Press TV, Jumat (25/1/2019).


Sebelumnya, Nicolas Maduro telah memutuskan hubungan diplomatik dengan Amerika Serikat dan memerintahkan semua diplomat AS meninggalkan Venezuela dalam waktu 72 jam.

Setidaknya 10 negara, termasuk Rusia, Turki dan Iran telah menyatakan dukungan pada Maduro dan mengecam intervensi asing di Venezuela. Pemerintah China juga mendukung pemerintahan Maduro dan menentang campur tangan asinng. Bolivia, Meksiko dan Kuba juga telah menyatakan dukungan untuk Presiden Venezuela itu.

Venezuela yang kaya minyak saat ini terus dilanda krisis ekonomi. Rakyatnya dibuat susah dengan terjadinya hiperinflasi, pemadaman listrik dan kelangkaan bahan-bahan pokok. Venezuela juga merupakan salah satu negara dengan tingkat kejahatan tertinggi di dunia.

Maduro dilantik kembali menjadi presiden untuk masa jabatan kedua pada Januari lalu setelah pemilihan presiden yang kontroversial. Amerika Serikat dan negara-negara Uni Eropa menuding pemilu tersebut penuh dengan kecurangan.

Maduro dan para pendukungnya menuding AS berada di balik krisis ekonomi negara tersebut. Maduro pun menuduh Washington berupaya untuk menggulingkan pemerintahannya.

(ita/ita)