Mantan Wapres AS Joe Biden Minta Obama Tak Dukung Pencapresannya

Delaware – Mantan Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengakui dirinya telah meminta mantan ‘bosnya’ Barack Obama untuk tidak mendukung pencapresannya. Apa alasannya?

Biden (76) secara resmi mengumumkan pencalonannya untuk pilpres AS tahun 2020 mendatang pada pekan ini. Melalui sebuah video berdurasi 3,5 menit yang diposting ke media sosial, Biden menyatakan tidak bisa berdiam diri mengetahui Presiden AS Donald Trump ‘secara fundamental mengubah karakter bangsa ini’.

Seperti dilansir AFP, Sabtu (27/4/2019), Biden menyatakan dirinya telah meminta Obama untuk tidak mendukung dirinya karena para bakal capres dari Partai Demokrat harus memenangkan pencalonan dengan usaha sendiri.

“Saya telah meminta (mantan) Presiden Obama untuk tidak mendukung,” ucap Biden kepada wartawan yang menemuinya di Wilmington, Delaware.

“Siapa saja yang memenangkan pencalonan ini, harus memenangkannya atas pencapaian sendiri,” imbuh Biden.

Diketahui bahwa Biden bergabung bersama sekitar 20 bakal capres dari Partai Demokrat untuk pilpres 2020. Para kandidat itu harus bertarung untuk menjadi capres resmi Partai Demokrat yang akan menghadapi capres Partai Republik tahun 2020 mendatang. Trump menyatakan akan maju kembali dalam pilpres AS nantinya.

Deretan politikus Partai Demokrat lainnya yang telah mencalonkan diri antara lain, Senator Kamala Harris dari California, Senator Elizabeth Warren dari Massachusetts dan Senator Bernie Sanders dari Vermont — politikus independen yang berkaukus dengan Demokrat.

Sosok Biden dianggap banyak pihak sebagai penantang terberat Trump untuk pilpres 2020 mendatang. Namanya memimpin sebagian besar survei bakal capres di kalangan pemilih Demokrat. Salah satunya survei RealClearPolitics yang menempatkan Biden sebagai capres favorit dengan 29,3 persen dukungan, yang diikuti oleh Sanders dengan 23 persen dukungan.

Sesaat usai pengumuman itu, seorang sumber yang memahami cara berpikir Obama menyatakan ‘kecil kemungkinan’ Obama akan menyatakan dukungan untuk Biden sejak awal. Menurut sumber itu, Obama meyakini debat pilpres sengit saat pilpres 2008 lalu telah membentuk Biden menjadi kandidat yang lebih baik.

Biden diketahui telah sejak lama berkecimpung dalam perpolitikan AS. Sebelum menjabat Wapres AS pada era Obama selama dua periode (2009-2017), Biden menjabat Senator Delaware dari tahun 1973-2009 lalu. Pencalonan ini menjadi yang ketiga bagi Biden sejak tahun 1988 dan 2008 saat dia kalah dari Obama saat pencalonan untuk Partai Demokrat.

Biden enggan menjawab saat ditanya mengapa dirinya menjadi pilihan terbaik Partai Demokrat untuk menghadapi Trump dalam pilpres 2020. “Itu tergantung Partai Demokrat untuk memutuskan,” tandasnya.

(nvc/fdn)