Makan Malam Bareng Kim Jong-un, Trump: Hubungan Kita Sangat Spesial

Jakarta – Presiden Amerika Serikat dan pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-Un makan malam bersama setelah sesi one-on-one atau pertemuan empat mata selama 20 menit di Hotel Metropole, Hanoi, Vietnam. Kedua pemimpin negara tersebut tampak rileks dan bersahabat.

“Ini makan malam yang menyenangkan,” canda Trump, seperti dilansir CNN, Rabu (27/2/2019).


Trump dan Kim Jong-Un duduk dalam meja bundar dengan Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo dan penjabat kepala staf Mick Mulvaney. Trump meminta fotografer untuk membuat dirinya dan Kim terlihat bagus di foto.

“Kita akan mempunyai hari yang sibuk besok,” Trump.

“Hubungan kita adalah hubungan yang sangat spesial,” sambung dia.

Sebelum itu, Trump juga memuji Korea Utara sebagai negara yang memiliki potensi yang luar biasa termasuk dunia ekonomi. Kim Jong-Un dinilai Trump sosok pemimpin yang hebat.

“Saya pikir negara Anda (Korut) memiliki potensi ekonomi yang luar biasa,” kata Trump.

“Saya pikir Anda (Korut) akan memiliki masa depan yang luar biasa untuk negara Anda, Anda seorang pemimpin yang hebat,” kata Trump kepada Kim. “Kami akan membantu mewujudkannya.” imbuh dia.

Dalam pertemuan kedua di Hanoi ini, Trump dan Kim mengawalinya dengan sesi one-on-one atau pertemuan empat mata selama 20 menit di Hotel Metropole. Setelah itu, keduany menghadiri makan malam bersama dengan para jajarannya.

Pertemuan penting antara pemimpin AS dan Korut ini akan dilanjutkan pada Kamis (28/2) besok. Agenda pertemuan tidak diungkapkan secara jelas kepada media. Gedung Putih hanya menyebutkan bahwa Trump dan Kim akan ‘bolak-balik’ menggelar sejumlah pertemuan sepanjang Kamis (28/2) besok. Namun, soal waktu maupun lokasi pertemuan belum diumumkan.

(knv/tor)