Main Api Penyebab Terbakarnya Kompleks Masjid Suci

JakartaKebakaran terjadi di kompleks Masjid Al-Aqsa pada Senin (15/4) waktu setempat. Kebakaran di kompleks Masjid Al-Aqsa ini terjadi pada momen yang sama saat Katedral Notre-Dame di Prancis juga sedang dilalap api.

Menurut laporan Palestine News Agency, kantor berita resmi Otoritas Palestina, api muncul dari bagian atap sebuah gedung yang disebut Ruang Salat Marwani. Petugas kebakaran masjid berhasil memadamkan api.

Kompleks Masjid Al-AqsaKompleks Masjid Al-Aqsa (Foto: REUTERS/Eliana Aponte/File Photo)

“Api muncul di dalam ruang petugas keamanan di luar atap Ruang Salat Marwani,” sebut Palestine News Agency dalam laporannya, yang mengutip petugas keamanan setempat.

“Brigade pemadam kebakaran Wakaf Islam berhasil menangani kebakaran ini,” imbuh laporan Palestine News Agency.

Ruang Salat Marwani diketahui terletak di bagian bawah sebelah sudut tenggara kompleks Haram al-Sharif yang juga disebut sebagai Temple Mount. Terdapat Dome of the Rock dan Masjid Al-Aqsa di dalam kompleks yang disucikan oleh tiga agama tersebut.

Dalam keterangan terpisah, seperti dilansir Alaraby.co.uk dan Sputnik News, Selasa (16/4), Departemen Wakaf Islam untuk Masjid Al-Aqsa menyatakan kebakaran tersebut tergolong skala kecil. Kebakaran dilaporkan tidak memicu kerusakan signifikan.

Departemen Wakaf Islam untuk Masjid Al-Aqsa juga menutup area di sekitar lokasi untuk menyelidiki penyebab kebakaran. Dugaan sementara menyebut kebakaran di kompleks Masjid Al-Aqsa itu dipicu oleh anak-anak yang sedang bermain-main api.

Dalam pernyataan terkait kebakaran ini, Departemen Wakaf Islam untuk Masjid Al-Aqsa yang menjadi situs tersuci ketiga bagi umat muslim itu mengimbau para jemaah sekitar untuk mendidik anak-anak mereka.

“Jemaah yang tinggal di sekitar masjid dan di Old City untuk mendidik anak-anak mereka untuk tidak bermain dengan api, khususnya di dalam Masjid Al-Aqsa
(zak/knv)