Kuliner Indonesia Memikat Warga Peru

Lima – Dalam rangka memperkenalkan dan mempromosikan kuliner nusantara, KBRI Lima menghadirkan cita rasa Indonesia di Lima, Peru melalui kegiatan Festival Kuliner Indonesia selama sepekan. Pelaksanaan kegiatan yang berlangsung sejak tanggal 1 – 4 April 2019 ini bekerjasama dengan Chef Widjiono Purnomo (Yono) pemilik restoran Indonesia (Yono’s Restaurant) di Albany, dengan mengusung dua konsep yang berbeda.

Konsep pertama berupa kelas memasak kuliner Indonesia di dua sekolah gastronomi ternama di Peru Columbia Institute pada tanggal 1 April dan Le Cordon Bleu Institute Peru pada tanggal 2 April. Menu yang diajarkan berupa Rendang, Sate Ayam, Bakmi Goreng, Opor Ayam, Gulai Ikan, Gulai Kambing, Juice Sirsak dan Juice Avokad. Masing-masing kelas dihadiri oleh kurang lebih 70 siswa yang menunjukkan antusiasmenya terhadap keunikan masakan Indonesia.

Para siswa kagum akan kekayaan rempah yang digunakan dalam kuliner Indonesia. Mereka mempelajari beberapa perbedaan masakan Indonesia dan Peru seperti penggunaan tanaman serai untuk memasak; di mana masyarakat Indonesia menggunakan bagian batang sedangkan di Peru, daun serai merupakan salah satu bumbu masak utama. Selain itu, Chef Yono juga memperkenalkan Jus Avokad, yang selama ini dikonsumsi sebagai sayuran di Peru, serta cara mengolah buah sirsak menjadi jus versi Indonesia yang merupakan hal baru bagi para siswa dan guru.

Foto: KBRI Lima

Selanjutnya, pada tanggal 4 April 2019, KBRI Lima menghadirkan konsep buffet menu Indonesia di Hotel Melia Lima dengan menyajikan 11 menu khas nusantara antara lain 5 makanan nasional seperti rendang, nasi goreng, sate, soto, dan gado-gado. Selain itu disajikan juga jajanan pasar, tempe goreng, sayur lodeh, rujak hingga kolak pisang. Acara dihadiri oleh lebih dari 100 tamu, di antaranya Dirjen Perdagangan, Sekjen dan Dirjen Asia Oceani Kemlu, para Dubes negara-negara sahabat, hingga warga Peru yang pernah berkunjung ke Indonesia.

Tamu yang hadir terpikat akan kelezatan kuliner Indonesia yang memiliki cita rasa berbeda dan kaya rempah. “Enak sekali, luar biasa,” ujar para pengunjung seperti disampaikan KBRI Lima dalam siaran pers kepada detikcom, Jumat (5/4/2019).

Dubes RI Lima, Marina Estella Anwar Bey dalam sambutannya menyampaikan bahwa Indonesia merupakan negara yang kaya akan bermacam kuliner dari Sabang sampai Merauke dan memiliki lebih dari 5.000 resep makanan tradisional. Dubes berharap, dengan adanya acara ini, semakin banyak warga Peru yang mengenal Indonesia bahkan berkunjung ke Indonesia untuk mencicipi kelezatan kuliner nusantara.

Selain kuliner, para tamu juga dimanjakan dengan alunan musik tradisional Indonesia seperti Bengawan Solo, Sio Mama, Ramko Yambe dll. Dekorasi bertema wayang golek juga menuai decak kagum para tamu.

(ita/ita)