Korban Tewas Kebakaran di Korsel Jadi 2 Orang, Ribuan Warga Mengungsi

Gangwon – Dua orang warga dilaporkan meninggal dunia akibat kebakaran hebat yang terjadi di Korea Selatan. Selain itu, ribuan warga mengungsi ke tempat yang lebih aman.

Dilansir dari Associated Press, Jumat (5/4/2019), kebakaran itu terjadi di provinsi pegunungan Korea Selatan yang menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Dingin Pyeongchang 2018 pada Kamis (4/4) malam waktu setempat.


Kapten Pemadam Kebakaran Gangwon, Choi Jin-Ho, mengatakan api diduga berasal dari percikan api di sebuah trafo di sebuah resor di kota Goseong di Provinsi Gangwon sekitar 210 km timur laut Seoul. Api kemudian menyebar ke pegunungan di dekatnya.

Choi mengatakan hampir 2.400 orang di Goseong dan hampir 1.250 orang di kota Sokcho telah dievakuasi. Petugas juga menemukan seorang pria berusia 60 tahun dan wanita bersuai 70-an meninggal dunia.

Pejabat pemadam kebakaran Gangwon lainnya, mengatakan sedikitnya 11 orang dirawat karena luka-luka. Namun tak dijelaskan lebih lanjut mengenai kondisi korban tersebut.

Dia menyebut api merembet dengan cepat melalui pegunungan karena anging yang sangat kencang. Api dilaporkan membakar sekitar 250 hektar hutan.

Video yang diposting di media sosial di Korea Selatan menunjukan api yang tinggi dari kawasan hutan yang luas, udara dipenuhi bara api dan puing-puing. Foto-foto berita menunjukkan bus terbakar, api melalap bukit dan warga mengevakuasi diri ke tempat yang lebih aman.

Presiden Korea Selatan Moon Jae-in sudah mengadakan pertemuan darurat terkait penanganan kebakaran. Dia meminta seluruh pejabat untuk mengerahkan sumber daya yang tersedia.

Choi mengatakan hampir 800 petugas pemadam kebakaran berjibaku memadamkan api. Tetapi mereka mengalami masalah karena angin dan kegelapan, yang menggangu penggunaan helikopter.
(knv/yld)