Komedian Inggris Ambruk dan Meninggal Saat Tampil di Panggung

London – Komedian Inggris, Ian Cognito, meninggal dunia di hadapan penonton saat sedang menampilkan stand-up comedy di Bicester. Para penonton sempat mengira ambruknya Cognito di atas panggung merupakan bagian dari pertunjukan.

Seperti dilansir CNN dan Channel News Asia, Sabtu (13/4/2019), Cognito yang memiliki nama asli Paul Barbieri ini meninggal dunia di usia 60 tahun pada Kamis (11/4) malam waktu setempat. Saat itu sedang tampil di Atic Bar yang ada di Bicester, Cognito tiba-tiba jatuh sakit dan ambruk di panggung.

Saat paramedis tiba di lokasi, Cognito telah dinyatakan meninggal dunia. Penyebab kematiannya belum diketahui pasti.


Dituturkan Ryan Mold, salah satu penonton yang hadir saat itu bahwa di tengah pertunjukan, Cognito tiba-tiba terduduk dan mengarahkan kepala dan meletakkan tangannya ke belakang. “Bahunya kejang-kejang,” sebut Mold kepada CNN.
Mold menambahkan bahwa para penonton ‘mengira itu bagian dari pertunjukannya’ karena dia baru saja bicara soal serangan jantung atau stroke. Perilaku Cognito di panggung saat itu, sebut Mold, tidak terlihat aneh dari biasanya karena dia selalu tampil flamboyan.

Hal senada disampaikan salah satu kolega Cognito, Andre Bird, yang memimpin Lone Wold Comedy Club di Atic Bar. “Semua orang di kerumunan penonton, termasuk saya, mengira dia bercanda. Bahkan ketika saya berjalan ke panggung dan menyentuh lengannya, saya kira dia akan mengatakan ‘boo’,” tuturnya kepada BBC.

Bird menyebut bahwa Cognito sempat melontarkan lelucon soal kondisi kesehatannya saat tampil di panggung. “Bayangkan jika saya mati di depan Anda semua di sini,” ucap Bird menirukan lelucon Cognito sebelumnya.

Menurut Mold, dibutuhkan beberapa menit bagi rekan sesama komedian untuk menyadari ada yang tidak beres dengan Cognito. Beberapa dari mereka berlari ke panggung untuk membantu Cognito. Ambulans dipanggil ke lokasi, seorang paramedis melakukan CPR atau bantuan pernapasan terhadap Cognito dan para menonton diminta keluar dari ruangan.

“Kami dipanggil pukul 22.11 waktu setempat ke Crown Walk di Bicester untuk situasi darurat medis. Kami mengerahkan kendaraan cepat tanggap dan ambulans tapi sangat disayangkan, satu pasien meninggal dunia di lokasi,” demikian pernyataan dinas ambulans setempat kepada CNN.

Cognito yang lahir di London ini diketahui mulai menampilkan stand-up comedy sejak tahun 1985. Dia pernah dijuluki sebagai komedian ‘paling dilarang’ di Inggris karena material leluconnya yang terlalu berbau rasisme. Tahun 1999 lalu, Cognito memenangkan Time Out Award for Stand-Up Comedy.

(nvc/fdn)