Kim Jong Un dan Putin akan Bertemu April Ini

Moscow – Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-Un akan bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin pada bulan ini. Rencana pertemuan itu diketahui saat Menlu Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo diminta keluar dari perundingan nuklir antara Korut dan AS.

Dilansir AFP, Jumat (19/4/2019), pertemuan itu adalah yang pertama antara Kim Jong Un dan Putin. Namun belum diketahui kepastian waktu dan tempat atas pertemuan itu.

Beberapa media Rusia, Korea Selatan dan Jepang melaporkan bahwa pekan ini mereka sedang mempersiapkan pertemuan di wilayah Timur, Rusia.

Rusia memang memiliki hubungan yang baik dengan Pyongyang karena kerap memberikan bantuan berupa makanan. Putin juga sebelumnya telah menyatakan kesiapannya untuk bertemu dengan Kim Jong Un.

Diberitakan sebelumnya, Direktur Jenderal Departemen Urusan Amerika dalam Kementerian Luar Negeri Korut, Kwon Jong-Gun, melalui kantor berita resmi Korut, Korean Central News Agency (KCNA). Dalam pernyataannya, Kwon menyebut Pompeo ‘sembrono’ dan tidak dewasa.

“Saya takut jika Pompeo terlibat dalam perundingan lagi, meja perundingan akan jadi buruk sekali lagi dan pembicaraan akan menjadi kusut,” sebut Kwon dalam pernyataan melalui KCNA.
(fai/zak)