Kim Jong-Un Bersedia Bertemu Trump untuk Kali Ketiga

Pyongyang – Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-Un menyatakan dirinya terbuka untuk kembali bertemu Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump yang ketiga kalinya. Kim Jong-Un akan menunggu hingga akhir tahun ini bagi AS untuk mengambil ‘keputusan berani’ dan ‘sikap yang tepat’.

Seperti dilansir AFP, Sabtu (13/4/2019), laporan Korean Central News Agency (KCNA) menyebut bahwa pertemuan puncak kedua dengan Trump di Hanoi, Vietnam pada Februari lalu membuat Kim Jong-Un bertanya-tanya apakah AS ‘betul-betul tertarik’ untuk meningkatkan hubungan dengan Korut.

“Kami bersedia untuk mencoba kembali, jika AS menawarkan pertemuan puncak ketiga dengan sikap yang tepat dan ketentuan saling menerima,” ucap Kim Jong-Un dalam pidatonya di hadapan parlemen Korut pada Jumat (12/4) waktu setempat.


Ditambahkan Kim Jong-Un bahwa hubungan pribadinya dengan Trump akan tetap kuat. Kim Jong-Un juga menyebut bahwa dirinya dan Trump bisa ‘saling menulis surat satu sama lain’ kapan saja mereka mau.

“Kami akan menunggu dengan sabar hingga akhir tahun ini bagi AS untuk mengambil keputusan berani,” ujar Kim Jong-Un dalam pidatonya.

Diketahui bahwa pertemuan puncak antara Kim Jong-Un dan Trump di Hanoi berakhir tanpa kesepakatan apapun. AS menyalahkan tuntutan Korut untuk pencabutan seluruh sanksi sebagai imbalan atas pembatasan program nuklir. Namun Korut menegaskan pihaknya hanya ingin pencabutan sebagian sanksi saja.

Secara terpisah, pada Kamis (11/4) waktu setempat, Trump menyatakan dirinya mempertimbangkan untuk menggelar pertemuan puncak ketiga dengan Kim Jong-Un. Hal ini diungkapkan Trump sebelum menyambut Presiden Korea Selatan (Korsel) Moon Jae-In yang berkunjung ke Gedung Putih, AS.

Diketahui bahwa Presiden Moon selama ini menjadi penengah untuk perundingan AS-Korut. “Pemerintahan kami akan melakukan apapun yang kami bisa demi menjaga momentum dialog terkini,” demikian pernyataan kantor Presiden Moon.

Simak Juga ‘Walau Tak Sejalan, Trump Yakin Kim Tak Uji Coba Nuklir’:

[Gambas:Video 20detik]

(nvc/fdn)