Keterlaluan! Pegawai Bandara Rusia Tertawa Saat Sukhoi Terbakar

Moskow – Sejumlah pegawai di Bandara Sheremetyevo, Moskow, Rusia terekam kamera sedang tertawa dan melontarkan lelucon saat pesawat Sukhoi Superjet-100 milik maskapai Aeroflot terbakar hebat di landasan.

Seperti dilansir Reuters dan news.com.au, Rabu (8/5/2019), sebuah video yang viral di media sosial menunjukkan sekelompok orang sedang tertawa sambil menyaksikan layar monitor yang menunjukkan pesawat milik Aeroflot terbakar di landasan bandara. Sedikitnya 41 orang tewas dalam insiden yang terjadi 5 Mei lalu tersebut.

Dalam video itu, mereka terdengar melontarkan lelucon soal pendaratan darurat dan kemungkinan orang-orang di dalam pesawat mengalami luka-luka. Identitas orang-orang di dalam video itu tidak diketahui pasti.


Laporan media Inggris, The Mirror, menyebut saat orang-orang itu sibuk bercakap-cakap, salah satu dari mereka merekam percakapan itu dengan telepon genggamnya. The Mirror menyebut setidaknya ada tiga orang — dua pria dan satu wanita — yang membahas terbakarnya pesawat Aeroflot itu sambil tertawa-tawa.

“Pesawat terbakar sangat parah,” ujar salah satu pria dalam rekaman video itu.

“Jika pesawat itu mendarat seperti ini maka itu berarti orang-orang di dalamnya luka-luka,” timpal si wanita dalam video itu.

Screenshot rekaman video yang menunjukkan pegawai Bandara Sheremetyevo, Rusia tertawa saat pesawat Sukhoi Superjet-100 milik Aeroflot terbakar di landasanScreenshot rekaman video yang menunjukkan pegawai Bandara Sheremetyevo, Rusia tertawa saat pesawat Sukhoi Superjet-100 milik Aeroflot terbakar di landasan Foto: Twitter/@zvezdanews

“Kenapa luka-luka?” tanya salah satu pria dalam video itu. “Ya, apa lagi kemungkinannya?” jawab si wanita sebelum disambut tawa sangat keras oleh orang-orang dalam video itu.

“Itu pendaratan yang oke. Pendaratan dengan letupan,” ucap salah satu pria dalam rekaman video itu, yang kembali disambut tawa.

Laporan The Mirror menyebut orang-orang di dalam rekaman video itu merupakan tim lapangan dari Bandara Sheremetyevo.

Namun otoritas Bandara Sheremetyevo, seperti dilansir Reuters dan BBC, menegaskan bahwa orang-orang di dalam video itu bukan karyawan mereka. Ditegaskan juga bahwa orang-orang itu juga bukan pegawai maskapai Aeroflot.

Pihak bandara Sheremetyevo dalam pernyataannya menyebut orang-orang yang tertawa dan melucu soal insiden yang dialami pesawat milik Aeroflot pada Minggu (5/5) lalu, jelas telah melanggar kode etik profesionalisme. Pihak bandara menyerukan penyelidikan lebih lanjut dan menyebut orang-orang dalam video itu pantas dihukum.

“Harus dihukum dengan setegas mungkin,” sebut otoritas bandara Sheremetyevo dalam pernyataannya seperti dilansir Reuters.

(nvc/ita)