Kementerian Komunikasi Afghanistan Diserang, 7 Orang Tewas

Kabul – Gedung Kementerian Komunikasi Afghanistan di pusat kota Kabul diserang oleh sekelompok pria bersenjata. Tujuh orang dikabarkan tewas dalam serangan tersebut.

Dilansir dari Reuters Rabu (20/4/2019) tujuh orang yang tewas terdiri dari empat warga sipil dan tiga polisi. Selain itu, terdapat delapan warga sipil yang terluka.

Seorang pegawai administrator kantor di kementerian, Syeda Rashid, mengatakan dirinya melihat seorang pria yang mendobrak pintu kantor. Pria tersebut menembaki pegawai dan mengatakan akan membunuh semua orang.

“Kami melihat seorang pria bersenjata mencoba mendobrak pintu kantor dan ketika kami kehabisan, ia mencoba menembak kami dan ia mulai berteriak ‘Saya akan membunuh semua orang di sini’,” kata Syeda.

Dia juga mengatakan setidaknya enam wanita telah terluka. Kementerian dalam negeri mengatakan terdapat lebih dari 2.800 karyawan dari Kementerian Komunikasi dan Teknologi Informasi dan Kementerian Informasi dan Kebudayaan diungsikan selama proses penanganan. Selain itu, beberapa anak dan staf pengasuh anak untuk pegawai kementerian juga ikut dievakuasi.

Sebelumnya serangan di Kementerian itu diawali dengan sebuah ledakan di pintu masuk gedung, serangan itu terjadi pada Sabtu (20/4) siang waktu setempat. Ada serangkaian tembakan yang terdengar pasca ledakan di pintu masuk.

Juru Bicara Kementerian Dalam Negeri Afghanistan, Nasrat Rahimi, mengatakan area di sekitar gedung ditutup oleh polisi akibat serang itu. Jelang sore hari, tembakan tidak lagi terdengar. Ada dua orang dari kelompok bersenjata yang disebutnya telah tewas terbunuh dalam baku tembak petugas dengan kelompok itu.

(dwia/haf)