Kedapatan Bawa 300 Kg Heroin, Pria China Ditangkap di Vietnam

Ho Chi Minh CityKepolisian Vietnam menangkap seorang pria berkewarganegaraan China yang kedapatan membawa 300 kilogram heroin di Ho Chi Minh City. Ini merupakan penangkapan terkait narkoba kedua kalinya dalam sepekan di negeri itu.

Kepolisian Vietnam pada Rabu (27/3) waktu setempat menemukan 313 kilogram yang diduga heroin senilai US$ 8,6 juta setelah menghentikan sebuah truk pick-up “mencurigakan” di bagian selatan Ho Chi Minh City.

“Pihak berwenang menemukan banyak kotak karton dengan benda-benda yang terlihat seperti balok-balok heroin,” demikian disampaikan Cong An Nhan Dan, juru bicara resmi Kementerian Keamanan Publik.


“Dua tersangka ditahan, termasuk seorang pria China,” imbuhnya.

Kepolisian melakukan penggeledahan di sejumlah properti di Ho Chi Minh City usai temuan heroin tersebut. Disebutkan bahwa penyelidikan akan meluas.

Temuan heroin itu terjadi menyusul insiden serupa di kota tersebut pekan lalu, yang melibatkan 16 warga negara China dan tiga warga negara Vietnam yang dituduh mengelola sebuah sindikat narkoba besar yang disamarkan sebagai sebuah usaha tekstil. Polisi menemukan 300 kilogram methamphetamine di sebuah rumah mewah dalam penggerebekan itu.

Beberapa hari kemudian, otoritas di Filipina menyita lebih dari 270 kilogram methamphetamine yang terkait kartel Ho Chi Minh City yang dikelola belasan warga China tersebut.

Aturan hukum mengenai narkoba di Vietnam termasuk yang paling keras di dunia. Di negara itu, siapapun yang kedapatan memiliki lebih dari 600 gram heroin atau lebih dari 2,5 kilogram methamphetamine bisa diancam hukuman mati.

(ita/ita)