Kecepatan Naik Pesawat Ethiopian Airlines MAX 8 Tak Stabil Sebelum Jatuh

Nairobi – Pesawat Ethiopian Airlines tujuan Nairobi yang jatuh disebut sempat mengalami unstable vertical speed atau kecepatan vertikal yang tak stabil. Namun, belum diketahui secara pasti penyebab kecelakaan itu.

Dilansir dari Reuters, Minggu (10/3/2019), kecepatan vertikal yang tak stabil itu tercatat oleh situs Flightradar24.

“Data dari jaringan Flightradar24 ADS-B menunjukkan bahwa kecepatan vertikal tidak stabil setelah lepas landas,” kata organisasi pelacakan penerbangan yang berbasis di Swedia itu.

Pesawat Ethiopian Airlines yang jatuh itu berjenis Boeing 737 MAX 8 yang sama dengan jenis pesawat Lion Air yang jatuh di perairan Karawang tahun lalu. Pesawat Ethiopian Airlines tersebut mengangkut 149 penumpang dan 8 kru di dalamnya.

Belum diketahui secara pasti bagaimana kondisi para penumpang dan kru tersebut. “Operasi pencarian dan penyelamatan sedang berlangsung dan kami tidak memiliki informasi yang dikonfirmasi tentang selamat atau kemungkinan korban,” kata maskapai itu dalam sebuah pernyataan.

Pesawat dengan nomor registrasi ET-AVJ itu terbang dari Bole Airport di Addis Ababa pada 8.38 waktu setempat. Pesawat hilang kontak 6 menit setelah lepas landas.
(haf/tor)