Kecam Kekerasan Seks Anak, Paus Francis Sebut Pastor Pedofilia ‘Alat Setan’

RomaPaus Francis membandingkan pelecehan seksual kepada anak-anak dengan persembahan manusia. Hal itu dia sampaikan saat berbicara kepada para uskup agung Gereja Katolik di akhir pertemuan puncak untuk membahas pencegahan pelecehan seksual terhadap anak-anak.

“Pekerjaan kita membuat kita menyadari sekali lagi bahwa gravitasi dari momok pelecehan seksual anak di bawah umur adalah, dan secara historis telah, menjadi fenomena yang tersebar luas di semua budaya dan masyarakat,” kata Paus Francis, dilansir Reuters, Minggu (24/2/2019).

“Saya diingatkan tentang praktik keagamaan yang kejam, yang dulu tersebar luas di budaya-budaya tertentu, tentang pengorbanan umat manusia-seringkali anak-anak-dalam ritual pagan,” tambahnya.


Paus Francis berbicara setelah 4 hari bertemu dalam suatu acara yang ia sebut demi menghasilkan langkah-langkah konkret untuk menangani para imam dan memberikan 114 uskup senior sebuah peta untuk membentuk perdebatan tentang cara menghentikan skandal global.

“Jika di gereja ada suatu kasus kekerasan-yang sudah dengan sendirinya mewakili kekejaman-kasus itu akan ditangani dengan penuh keseriusan,” katanya.

Seperti diketahui, Gereja Katolik tengah diserang skandal seks yang menggemparkan dunia, khususnya yang terjadi di Australia, Chile, Jerman, dan Amerika. Paus Francis menyebut para pastor yang terlibat dalam tragedi itu adalah ‘alat setan’.

“Tidak ada penjelasan yang cukup untuk kekerasan yang melibatkan anak-anak ini,” kata Paus asal Argentina itu.

“Gema dari tangisan sunyi anak-anak kecil yang-alih-alih menemukan ‘bapa’ dan pemandu spiritual, mereka malah menemukan penyiksa-akan mengguncang hati yang tumpul oleh kemunafikan dan oleh kekuasaan,” imbuhnya.

“Adalah tugas kita untuk memperhatikan dengan seksama kesunyian, tangisan yang tercekat ini,” lanjut Paus Francis.
(mae/zap)