Kebakaran Hebat Terjadi di Korea Selatan, 1 Orang Tewas dan 11 Terluka

Gangwon – Kebakaran hebat terjadi di kota Goseong perbatasan Korea Selatan. Akibatnya sedikitnya satu orang meninggal dunia dan mengharuskan lebih dari 3.000 penduduk mengungsi.

Dilansir AFP yang mengutip kantor berita Yonhap, Jumat (5/4/2019), angin kencang terjadi di kota tersebut, yang terletak di pegunungan timur laut Provinsi Gangwon dekat perbatasan dengan Korea Utara.


Badan Pemadam Kebakaran Nasional mengerahkan 2.700 personel darurat, tetapi angin kencang mempersulit upaya pemadaman api. Sementara itu, pihak berwenang meningkatkan peringatan tingkat tertinggi atau level 3.

Presiden Korea Selatan, Moon Ja-in meminta kepada para pejabat untuk mengambil langkah yang dibutuhkan untuk memadamkan api. Sementara itu, kepolisian menemukan mayat seorang pria di jalanan yang tampaknya sudah meninggal akibat kebakaran.

Petugas juga menemukan mayat seorang wanita berusia 70-an. Sedikitnya 11 orang terluka, tetapi jumlah tersebut diperkirakan akan terus meningkat dan turut dilaporkan sekitar 120 rumah rusak akibat kebakaran.

Pejabat setempat mengatakan kebakaran terjadi di sepanjang jalan di Goseong, yang terletak 210 km (130 mil) timur laut Ibu Kota Seoul pada malam hari. Api dengan cepat menyebar ke lereng gunung terdekat dan mengharuskan penduduk yang tinggal di sekitarnya dievakuasi.

Sekitar 100 mobil pemadam berada di lokasi, dan 100 mobil damkar lainnya akan menyusul. Serta 30 helikopter akan dikirim pada pagi hari untuk misi penyelamatan dan memadamkan api.

(yld/knv)