Kanada Beri Suaka Perempuan Arab Saudi yang Kabur dari Keluarganya

Ottawa – Pemerintah Kanada telah memberikan suaka kepada perempuan muda Arab Saudi yang kabur dari keluarganya. Suaka diberikan setelah remaja berumur 18 tahun itu mengatakan bahwa dirinya akan dibunuh keluarganya jika dideportasi dari Thailand.

Rahaf Mohammed al-Qunun kabur dari keluarganya ketika mereka sedang melakukan perjalanan ke Kuwait. Dia semula berencana melarikan diri ke Australia melewati Bandar Udara Suvarnabhumi, Bangkok, ibu kota Thailand.

Namun setibanya di Bangkok, dia mengaku paspornya disita oleh pejabat Arab Saudi dan dipaksa kembali ke Kuwait untuk menemui keluarganya. Sebagai upaya mencegah pemulangan paksa oleh pihak berwenang Thailand, Rahaf membarikade diri dalam kamar hotel di lingkungan bandara, sambil mengetwit kondisinya, perlakuan yang dialami dan permintaan suaka ke Australia, Inggris, Kanada dan Amerika Serikat.

Kini, pemerintah Kanada telah memberikan suaka untuknya. Alqunun telah menaiki pesawat menuju Seoul, Korea Selatan untuk kemudian terbang ke Kanada.

“UNHCR (badan pengungsi PBB) telah mengajukan permintaan kepada Kanada agar kami menerima Ms. Alqunun sebagai pengungsi, dan kami telah menerima permintaan PBB agar kami memberikan suaka padanya,” kata Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau kepada para wartawan seperti dilansir kantor berita AFP, Sabtu (12/1/2019).

Sebelumnya pemerintah Australia menyatakan tengah mempertimbangkan untuk memberikan suaka pada remaja putri tersebut. Namun juru bicara UNHCR mengatakan, pemerintah Kanada telah bertindak lebih cepat dalam hal ini.

Kasus Rahaf Mohammed al-Qunun ini menjadi perhatian internasional terkait dengan berbagai halangan yang dihadapi kaum perempuan di Arab Saudi. Negara kerajaan itu juga tengah disorot terkait pembunuhan keji wartawan kawakan, Jamal Khashoggi, yang kerap melontarkan kritik terhadap pemerintah.

Sebelumnya pada April 2017, seorang perempuan Arab Saudi, Dina Ali Lasloom (24) dipulangkan secara paksa dari Filipina. Hingga kini tidak diketahui bagaimana nasibnya.
(ita/ita)