Jet-jet Tempur India Terbang ke Wilayah Pakistan, Gempur Kamp Teror

New Delhi – Sejumlah jet tempur India terbang hingga ke wilayah Pakistan pada Selasa (26/2) waktu setempat. Otoritas India mengakui pihaknya melancarkan serangan udara terhadap ‘kamp-kamp teror’ di Pakistan.

“Angkatan Udara melancarkan serangan udara pada pagi hari ini (26/2) terhadap kamp-kamp teror di sepanjang LoC (Line of Control) dan menghancurkannya sepenuhnya,” sebut Menteri Negara Urusan Pertanian India, Gajendra Singh Shekhawat, via Twitter seperti dilansir Reuters, Selasa (26/2/2019).

LoC merupakan sebutan untuk garis perbatasan de facto di Kashmir yang memisahkan wilayah India dan Pakistan. Diketahui bahwa Kashmir telah sejak lama menjadi wilayah sengketa kedua negara.


Serangan udara ini disinyalir semakin memperuncing ketegangan antara kedua negara yang telah saling berkonflik selama bertahun-tahun.
Diketahui bahwa ketegangan antara India dan Pakistan memanas setelah serangan bom bunuh diri di Kashmir pada 14 Februari lalu, yang menewaskan 40 polisi paramiliter India. Kelompok militan yang bermarkas di Pakistan, Jaish-e-Mohammad (JeM), mengklaim bertanggung jawab atas serangan itu. Namun otoritas India menyalahkan pemerintah Pakistan atas serangan bom itu. Pemerintah Pakistan telah membantah terlibat langsung dan menawarkan bantuan penyelidikan.

Dalam tanggapannya, militer Pakistan mengakui ada pesawat tempur India yang melanggar wilayah udaranya. Namun mereka menyatakan ‘tidak ada infrastruktur yang terkena serangan’ India. Pakistan juga menegaskan tidak ada korban jiwa akibat serangan udara India itu.

Ditambahkan militer Pakistan bahwa jet-jet tempur India itu ‘melepaskan muatan’ dengan tergesa-gesa di area hutan setelah terbang melintasi LoC di Kashmir. “Pesawat tempur India menerobos masuk dari sektor Muzafarabad,” ujar juru bicara militer Pakistan, Mayor Jenderal Asif Ghafoor, merujuk pada area di Kashmir yang dikuasai oleh Pakistan.

“(Pesawat-pesawat tempur India) Melepaskan muatan secara tergesa-gesa sambil meloloskan diri, yang terjatuh dekat Balakot. Tidak ada korban jiwa atau kerusakan,” tegas Ghafoor, sembari menyebut serangan India dilakukan karena ‘menghadapi respons yang tepat waktu dan efektif dari Angkatan Udara Pakistan’.

Ghafoor merilis empat foto yang menunjukkan lokasi jatuhnya ‘muatan’ pesawat tempur India. Terlihat sebuah kawah bekas bom di area hutan setempat. Lokasi jatuhnya muatan itu disebut ada di dekat Balakot, sebuah kota di Provinsi Khyber Pakhtunkhwa yang berjarak 50 km dari LoC di Kashmir.

Dalam laporannya, sejumlah televisi lokal India yang mengutip sejumlah sumber pemerintahan menyebut sejumlah target dihancurkan dalam serangan udara yang melibatkan belasan jet tempur Mirage itu. CNN News18 melaporkan serangan udara oleh India itu melibatkan bom seberat 453 kg dan diklaim menewaskan sekitar 200 militan setempat. Tidak disebut sumber informasi itu. Belum ada komentar resmi dari otoritas India terkait laporan ini.

Serangan udara semacam ini di LoC Kashmir sebenarnya cukup sering terjadi dalam beberapa tahun terakhir. Namun pelanggaran wilayah udara seperti yang dilakukan jet-jet tempur India di Pakistan ini tergolong sangat langka.

(nvc/ita)