Jenis Pesawat Ethiopian Airlines yang Jatuh Sama dengan Lion Air PK-LQP

Jakarta – Pesawat milik Ethiopian Airlines jatuh di Ethiopia setelah 3 menit lepas landas. Pesawat yang dipakai maskapai tersebut merupakan produksi Boeing dengan model 737 MAX 8, pesawat yang juga dipakai maskapai RI Lion Air yang jatuh Oktober 2018.

Dilansir Reuters, Minggu (10/3/2019), pesawat berjenis Boeing 737-800 MAX dengan nomor registrasi ET-AVJ itu terbang dari Bole Airport di Addis Ababa pada 8.38 waktu setempat. Pesawat hilang kontak 6 menit setelah lepas landas.

Dilansir AFP, Boeing 737 MAX 8 merupakan pesawat setipe yang dipakai maskapai Lion Air PK-LQP dengan nomor penerbangan JT-610 saat kecelakaan pada Oktober 2018.


Sementara itu, situs Flight Radar menyebut pesawat tersebut pertama kali terbang pada Oktober 2018.

“Operasi pencarian dan penyelamatan sedang berlangsung dan kami tidak memiliki informasi yang dikonfirmasi tentang selamat atau kemungkinan korban,” kata maskapai itu dalam sebuah pernyataan.

Ethiopian Airlines ada penerbangan milik negara adalah salah satu maskapai penerbangan terbesar di benua itu berdasarkan ukuran armada. Dikatakan sebelumnya bahwa pihaknya diperkirakan akan mengangkut 10,6 juta penumpang tahun lalu.

Maskapai RI Lion Air pada Oktober 2018 mengalami kecelakaan setelah pesawat dengan nomor penerbangan JT-610 jatuh di perairan Karawang. Penerbangan JT-610 yang menggunakan Boeing 737 MAX 8 hanya berlangsung kurang lebih 13 menit sebelum terhempas ke lautan dan tak pernah sampai ke Pangkalpinang.
(gbr/tor)