Ilmuwan AS Tangkap Ular Piton Burma Sepanjang 5 Meter!

Florida – Seekor ular jenis piton Burma dengan panjang 5 meter baru saja ditangkap oleh para ilmuwan di Florida, Amerika Serikat (AS). Saat ditangkap, ular betina ini sedang mengandung 73 telur yang sedang berkembang.

Seperti dilansir CNN, Senin (8/4/2019), ular jenis piton Burma merupakan salah satu ular terbesar di dunia. Bahkan di antara sesama piton, ular piton Burma termasuk yang berukuran raksasa.

Para ilmuwan menangkap ular piton Burma ini di area Cagar Alam Nasional Big Cypress di kawasan Everglades, Florida. Disebutkan bahwa ular ini menjadi piton terbesar yang pernah ditangkap di dalam cagar alam yang memiliki luas 295 ribu hektare di Miami, South Florida itu.

Ular piton Burma ini disebut memiliki panjang 17 kaki atau sekitar 5,1 meter dengan berat 140 pon atau sekitar 63 kilogram. Ditemukan sekitar 73 butir telur yang sedang berkembang saat ular ini ditangkap.

Akun Facebook resmi Cagar Alam Nasional Big Cypress menunjukkan foto ular piton Burma tersebut yang sedang diangkat oleh empat orang sekaligus.

Menurut Komisi Konservasi Satwa Liar dan Perikanan Florida, ular piton berbagai ukuran telah ditemukan di kawasan Everglades yang merupakan taman nasional. Kebanyakan berukuran panjang antara 6-10 kaki, atau setara 1,8 meter hingga 3 meter.

Salah satu yang terbesar disebut berukuran 18 kaki (5,4 meter) dan memiliki berat lebih dari 100 pon (45 kilogram). Namun temuan terbaru ini dianggap luar biasa. Tim dari Cagar Alam Big Cypress menyebut pengerahan teknologi pelacakan terbaru juga penelitian memungkinkan temuan ini terjadi.

“Menggunakan piton jantan dengan pemancar radio membuat tim mampu melacak si jantan saat mencari betina yang sedang dalam proses pembiakan,” demikian pernyataan Cagar Alam Nasional Big Cypress.

Piton Burma diketahui berasal dari kawasan Asia Tenggara. Namun beberapa dekade terakhir, ular jenis ini juga ditemukan di Florida, AS. Diduga piton jenis ini ditinggalkan oleh pemiliknya yang sebelumnya memelihara mereka. Beberapa ekor piton jenis ini kabur dari fasilitas penangkaran karena badai Andrew tahun 1992 lalu. Ditambah lagi, kawasan Everglades yang sangat luas memiliki iklim tropis yang cocok untuk ular piton Burma bersembunyi dan berkembang biak.

Diperkirakan otoritas setempat bahwa sekitar 100 ribu ekor piton diduga hidup di area rawa-rawa di luar kota Miami. Ular jenis ini memberikan ancaman besar untuk satwa liar yang habitat aslinya di Florida. Untuk mengendalikan populasi ular piton Burma, otoritas setempat bahkan menggelar kompetisi yang mendorong para pemburu mengeliminasi ular jenis itu sebanyak mungkin.

(nvc/ita)